Petugas Khusus Siap Layani Pendaftaran Online di RS Pratama

Mergangsan - Rumah Sakit Pratama terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Yogyakarta. Salah satunya dengan menyediakan petugas khusus untuk menyosialisasikan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk mempermudah peserta dalam mendapatkan nomor booking perawatan kesehatan.

Wakil Direktur Urusan Non Medis RS Pratama Sulistyo mengatakan, dengan adanya petugas dari rumah sakit harapannya dapat mempermudah pasien dalam mendownload dan mendaftarkan diri untuk mendapatkan nomor pemeriksaan.

"Kami memberikan edukasi pasien dan keluarga untuk melakukan booking pemeriksaan bulan berikutnya. Tidak hanya fasyankes tingkat satu, Mobile JKN ini juga bisa digunakan untuk fasyankes lanjutan seperti di RS Wirosaban RS Bethesda dan rumah sakit di seluruh Indonesia," jelas Sulistyo saat diwawancarai, Kamis (30/3) di RS Pratama.

Sulistyo mengatakan, untuk pelayanan yang ada dalam aplikasi tersebut antara lain ada pelayanan Poli Penyakit Dalam, Poli Saraf, Poli Kandungan dan lain sebagainya. Dengan rata-rata pengguna merupakan lanjut usia (lansia) yang secara rutin memeriksakan kesehatannya di RS Pratama.

Menurutnya, kegunaan aplikasi Mobile JKN ini sama hal nya dengan Jogja Smart Service (JSS). Hanya saja dalam kegunaannya, Mobile JKN bisa terkoneksi ke seluruh rumah sakit di Indonesia.

"Kalau dulu peserta JKN hanya bisa datang sembari menunggu antrian di fasilitas kesehatan, sekarang mereka bisa memantau pergerakan nomor antrian hanya dari handphone di mana saja. Jadi lebih fleksibel dan tepat waktu," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk warga Kota Yogyakarta yang ingin menggunakan aplikasi Mobile JKN dapat mendownload aplikasi JKN lalu pilih 'Pendaftaran Pelayanan Antrian'. Bahkan dapat digunakan untuk pilihan fasyankes rujukan tingkat lanjut.

Selanjutnya, setelah melakukan pendaftaran peserta dapat memilih 'Rujukan FKTP' untuk kunjungan dengan rujukan dari Puskesmas/ Klinik/ DoKel. Setelahnya pilih kontrol untuk kunjungan dengan surat kontrol dari Poli rumah sakit , pilih tanggal rencana kunjungan dan pilih dokter tujuan. Jika semua data sudah benar klik daftar pelayanan maka kunjungan menggunakan Mobile JKN dapat digunakan.

Sementara itu, salah satu petugas Mobile JKN di RS Pratama Kota Yogyakarta Purnomo menyampaikan, fitur Mobile JKN ini antara lain juga dapat melayani Konsultasi Dokter, Antrean Farmasi, Informasi Poli kesehatan di rumah sakit.  

Pihaknya mengatakan, masih banyak peserta yang belum dapat mengakses Mobile JKN ini. Oleh karenanya, pihak rumah sakit menyediakan tempat untuk membantu para peserta mendownload dan aktivasi dibantu oleh petugas yang berjaga.

"Sampai saat ini masyarakat sangat antusias banyak pertanyaan yang diajukan. Namun ada beberapa kendala seperti rata-rata pengguna merupakan lansia yang belum begitu paham mengenai cara menggunakan aplikasi Mobile JKN ini. Jadi mungkin harapannya keluarga pasien dapat membantu pasien dalam menggunakan aplikasi tersebut agar lebih efisien dalam melakukan pemeriksaan di rumah sakit," jelasnya. (Hes)