Dishub Periksa Kelayakan Kendaraan di Terminal Giwangan

 

Umbulharjo - Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta melakukan ramcheck berupa pemeriksaan belasan armada bus dalam rangka kesiapan angkutan jelang Lebaran 2023. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa (4/4) di Terminal Giwangan Kota Yogyakarta.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif Nugroho mengatakan, kegiatan ini berwujud memastikan kelengkapan kendaraan baik dari dokumen perizinan, seperti Kartu Pengawasan, Izin Trayek, STNK, SIM, buku KIR hingga Pajak Kendaraan.

Setelah pengecekan dokumen, tim juga melakukan pengecekan fisik armada dengan menyisir sejumlah armada bus yang ada di Terminal Giwangan. "Kita pastikan baik itu administrasi driver, administrasi kendaraan, kelayakan kendaraan kita cek bersama disini. Agar memberikan rasa aman, nyaman terhadap keselamatan masyarakat atau penumpang dengan menggunakan jasa layanan model transportasi bus," ujarnya.

Saat dilakukan pengecekan ada beberapa bus yang kondisi mika lampu armada  mengalami pecah saat perjalanan. "Sejauh ini hampir semua bus yang masuk disini layak untuk melakukan perjalanan, hal kecil seperti ada mika lampu di jalan pecah tapi baik secara umum  fungsi rem, lampu, zein dan kelengkapan kendaraan lain seperti whipper baik, disitulah fungsi kendaraan itu berjalan dengan baik. Kalau keliatan bagus rem tidak bagus itu yang bermasalah," jelas Agus.

Namun pihaknya terus menghimbau untuk para sopir agar menjaga kondisi fisik dan beristirahat jika kelelahan saat mengemudi. Hal ini dilakukan demi keselamatan bersama dan mendukung kelancaran perjalanan.

Sementara itu, salah satu pengemudi bus yang akan menuju ke Palembang Nasir mengatakan, kelengkapan dan kesiapan saat menjelang mudik Lebaran sudah cukup matang.

Pihaknya sangat antusias diadakan pengecekan rutin oleh Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta terutama menjelang Lebaran.

Menurutnya, pengecekan ini sangat membantu para pengemudi untuk mengetahui kesiapan fisik dan administrasi kelengkapan kendaraan. "Kesiapan sudah cukup matang. Tentunya dengan kesiapan kru dan driver dalam mempersiapkan kesehatannya. Kalau kita masa cek ini sangat diperlukan, daripada saat  di jalan mendapatkan kendala mengenai kelengkapan surat dan fisik armada," katanya.

Sementara itu, Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Bekti Zunanta mengungkapkan, sampai saat ini kondisi Terminal Giwangan masih terbilang sepi untuk melakukan perjalanan mudik. Dimana lonjakan diprediksi akan terjadi pada H-10 Lebaran berupa peningkatan volume kendaraan sebesar 40 persen.

Oleh sebab itu Dishub Kota Yogyakarta menyiapkan berbagai hal termasuk dalam penyiapan pengecekan armada agar kondisi baik untuk dioperasikan.

"Selama Ramadan belum terjadi lonjakan bus, saat ini masih landai sekitar 700 kendaraan bus per harinya. Diperkirakan mendekati H-10 adanya lonjakan hingga seribu lebih armada bus yang datang, puncaknya kami menargetkan tanggal 21 April 2023," jelasnya. (Hes)