Fasilitas Rawat Inap Melahirkan Jadi Layanan Unggulan Puskesmas Tegalrejo

Tegalrejo-Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya meninjau layanan kesehatan di Puskesmas Tegalrejo. Tiba sekitar pukul 08:30 WIB Aman pun langsung meninjau layanan serta sarana prasarana kesehatan di puskesmas tersebut, lalu dilanjutkan berdiskusi dengan jajaran petugas Puskesmas.

Pihaknya mengungkapkan sengaja ingin melihat langsung pelayanan di Puskesmas  Tegalrejo yang juga merupakan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Dari peninjauannya tersebut secara keseluruhan pelayanan di Puskesmas tersebut sudah cukup bagus. “Kami ingin selalu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Secara keseluruhan layanan di Puskesmas Tegalrejo sudah cukup bagus,” jelasnya di lokasi, Selasa (11/4/2023).

Meski sudah bagus, namun ada beberapa fasilitas pendukung yang perlu diperbaiki untuk menunjang kenyamanan pengunjung, seperti kebocoran atap di lantai dua.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani mengatakan Puskesmas Tegalrejo merupakan satu dari dua Puskesmas di Kota Yogyakarta yang memiliki fasilitas rawat inap khusus untuk melahirkan.

"Bahkan bagi para ibu hamil yang sudah berencana melakukan persalinan di Puskesmas ini bisa mendaftarkan sejak dua bulan sebelum Hari Perkiraan Lahir (HPL)," jelasnya.

Fasilitas ini bisa diakses seluruh masyarakat, baik warga Kota Yogyakarta maupun luar Kota Yogyakarta. “Puskesmas Tegalrejo melayani pasien dengan BPJS/KIS baik faskes Tegalrejo maupun dari luar faskes Tegalrejo, kami juga melayani pasien umum tanpa BPJS/KIS,” katanya.

Ia menerangkan fasilitas yang didapat ketika melahirkan di Puskesmas Tegalrejo adalah pembuatan akta khusus untuk warga Kota Yogyakarta, inisiasi menyusui dini, SHK (Skrining Hipotiroid Kongenital) bayi, pelatihan memandikan bayi untuk ibu dan ayah, serta konseling gizi dan menyusui.

“Untuk warga dengan ber-KTP Kota Yogyakarta dalam pembuatan akta tersebut langsung mendapatkan tiga berkas yakni akta kelahiran, C1, dan Kartu Identitas Anak (KIA),” jelasnya.

Kepala Puskesmas Tegalrejo, Suharno menambahkan di puskesmas ini terdapat 6 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 psikolog, 17 bidan, 11 perawat, dan 4 orang ahli gizi.

Puskesmas ini juga memiliki 21 jenis layanan, diantaranya seperti layanan pemeriksaan umum, layanan pemeriksaan lansia, layanan kesehatan ibu, anak, dan kb, serta masih banyak lagi. (Han)