Pelatihan Bahasa dan Sastra Kembali Digelar, Ajak Partisipasi Warga Mendaftar

 

Gondokusuman - Pelatihan Bahasa dan Sastra hadir kembali, kali ini Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta membuka pendaftaran bagi warga Kota Yogyakarta yang ingin mengikuti pelatihan tersebut. Pendaftaran dibuka sejak tanggal 10 April-5 Mei 2023. Harapannya dengan pelatihan ini dapat menemukan bibit-bibit baru untuk melestarikan kebudayaan terutama dalam bahasa dan sastra jawa.

Adanya pelatihan ini menjadi awalan dari pelaksanaan Kompetisi Bahasa dan Sastra Tahun 2023. Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Ismawati  Retno Wigiarti, Jumat (14/4).

''Pelatihan ini nantinya dimaksudkan sebagai persiapan dan penjaringan awal peserta dari rangkaian pelaksanaan Kompetisi Bahasa dan Sastra Tahun 2023. Selain itu pelatihan ini bisa menjadi bekal untuk berkarya di masyarakat," jelasnya.

Tak hanya itu, peserta akan diberikan pelatihan dengan menghadirkan narasumber yang kompeten yang berasal dari praktisi/sastrawan yang mumpuni sesuai bidang jenis lomba.

Pelatihan ini dapat diikuti mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga umum dengan rentan usia 6-45 tahun, dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut, peserta merupakan penduduk warga Kota Yogyakarta dengan memiliki KTP dan KK, berusia sesuai dengan persyaratan.

Selain itu, bersedia mengikuti rangkaian pelatihan serta diwajibkan mendaftar sebagai peserta Kompetisi Bahasa dan Sastra Tahun 2023.

Untuk jenis pelatihan, ada beberapa pelatihan seperti Macapat, Maca Geguritan, Maca Cerkak, Alih Aksara dan Mendongeng, yang bisa diikuti oleh usia dewasa.

Sementara untuk Maca Cerkak, Maca Geguritan, Alih Aksara, Sesorah, Pranatacara, serta Macapat dapat diikuti remaja dan anak-anak. ''Saya berharap, kegiatan ini dapat memberikan pembelajaran singkat bagi calon peserta kompetisi sebelum mereka merekam video untuk seleksi tahap pertama," ujarnya.

Untuk target, pihaknya menargetkan 525 orang peserta yang mengikuti pelatihan ini. Semua pelatihan ini terselenggara secara gratis tanpa dipungut biaya.

"Hingga saat ini masih masa sosialisasi/publikasi, tetapi sudah cukup banyak antusias calon peserta baik yang sudah mendaftarkan diri melalui link, maupun yang menghubungi panitia menyampaikan berbagai pertanyaan," jelasnya.

Jika anda tertarik dapat mendaftar melalui link  bit.ly/FPKBS2023. Selain itu bagi peserta hanya dapat mendaftar salah satu jenis pelatihan saja, membuat surat pernyataan yang menyatakan bersedia mengikuti Pelatihan Bahasa dan Sastra dan Kompetisi Bahasa dan Sastra Tahun 2023. Jika semua syarat sudah terpenuhi, peserta yang memenuhi persyaratan akan dihubungi melalui WA oleh panitia. (Hes)

 

*Foto  diatas merupakan dokumentasi kegiatan Pelatihan Bahasa dan Sastra pada Tahun 2022