Ribuan Pedagang Warmindo Ikuti Mudik Gratis Indofood

Umbulharjo-PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) kembali menyelenggarakan mudik gratis bagi para pedagang warung indomi (warmindo) yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pelepasan ribuan pemudik ini dilakukan oleh Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X di halaman Stadion Mandala Krida, Kota Yogyakarta, Senin (17/4/2023) malam.

Pihaknya pun sangat mengapresiasi perusahaan tersebut karena dengan adanya mudik gratis ini dapat meringankan kebutuhan mudik khususnya bagi para pedagang warmindo. "Terlebih aktivitas mudik sudah dapat kembali dilakukan setelah dua tahun kita terkendala akibat pandemi Covid-19,” ungkap Wagub.

Kepala Cabang Divisi Noodle Cabang Semarang, Devie Permana menjelaskan dalam acara tersebut pihaknya telah menyiapkan 34 unit bus untuk keberangkatan mudik bareng para pedagang warmindo yang jumlah peserta mencapai 1.700 orang.

Menurutnya acara mudik bersama ini sebagai apresiasi ICBP terhadap pengusaha Warmindo. Selain itu, lanjutnya. kegiatan mudik bersama juga memiliki tujuan untuk membantu pemerintah agar mudik bisa berlangsung tertib dan lancar dengan mengurangi kepadatan di terminal dan jalan raya.

"Acara mudik ini sebagai apresiasi kami terhadap pengusaha warmindo dan pertama kali pasca pandemi Covid-19," ujarnya.

Untuk tujuan mudik para pedagang tersebut sebagian besar di wilayah Provinsi Jawa Barat (Jabar), di antaranya Kuningan, Sumedang, Tasikmalaya, Garut, dan Cirebon.

Mewakili Penjabat Walikota, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono menyambut baik acara tersebut. 

Pihaknya pun sangat menaruh perhatian besar terhadap PT Indofood yang mengalokasikan keuntungan dari bisnisnya untuk kegiatan kemanusiaan yang merupakan bagian dari tanggungjawab sosialnya.

Yunianto berharap agar semua perusahaan swasta juga ikut ambil bagian dalam kegiatan kemanusiaan karena kegiatan kemanusiaan bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti pemberangkatan mudik gratis ini.

"Semakin banyak perusahaan yang mengeluarkan dana CSR-nya untuk masyarakat, semakin bagus dan membantu pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat," katanya.

Tak lupa ia menitipkan pesan kepada supir bus agar selalu berhati hati. “Tetap berhati-hati, jaga kesehatan,” ujarnya. (Han)