Prawirodirjan Kampung KB Terbaik Tingkat DIY

Gondomanan-Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Prawirodirjan menjadi kampung KB terbaik dalam ajang lomba kampung KB tingkat DIY tahun 2023 yang digelar oleh  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) beberapa waktu lalu.

Lurah Prawirodirjan, Rusdi Haryanto mengatakan penilaian ini berdasarkan pelaporan Kampung KB secara online dan juga verifikasi lapangan terhadap pencatatan serta pelaporan di dalam pelaksanaan kegiatan di wilayah.

Untuk verifikasi lapangan, lanjutnya, tim juri melihat beberapa aspek seperti validasi data serta dokumentasi yang sesuai dengan instrumen lomba tersebut.

"Penetapan juara ini berdasarkan hasil desk review yang dilakukan tim penilai lomba kampung KB," bebernya ketika ditemui di Kantor Kelurahan Prawirodirjan, Selasa (18/4/2023).

Dengan diraihnya prestasi tersebut, Kampung KB Prawirodirjan akan maju mewakili DIY dalam lomba kampung KB tingkat nasional.

Rusdi membeberkan kampung KB Prawirodirjan ini di bentuk pada tahun 2016. Tepatnya di RW 12 Kelurahan Prawirodirjan ditunjuk sebagai salah satu Kampung KB di Kota Yogyakarta.

"Hal ini dikarenakan angka unmet need-nya atau kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi tinggi dan juga ada beberapa tempat yang terlihat kumuh," ujarnya.

Setelah di bentuk kampung KB RW 12 Prawirodirjan dengan 10 seksi, maka banyak mendapat berbagai macam pelatihan untuk meningkatkan kapasitas pengurus dan membangun kemandirian ekonomi keluarga.

"Lalu pada tahun 2021 ada instruksi bahwa Kampung KB diganti menjadi Kampung Keluarga Berkualitas sehingga levelnya naik ke tingkat Kelurahan. Maka Kampung KB RW 12 menjadi Kampung Keluarga Berkualitas Prawirodirjan," katanya.

Sehingga, tambahnya, cakupan kegiatannya juga semakin luas yakni meliputi seluruh wilayah di Kelurahan Prawirodirjan yang terdiri dari tiga Kampung yaitu Kampung Yudonegaran, Sayidan, dan Prawirodirjan. Terdiri dari 18 RW dan 61 RT.

Hinga kini kepengurusan Kampung KB Prawirodirjan sudah berjalan dengan baik dan sudah dikuatkan dengan SK dari Lurah Prawirodirjan dan Mantri Pamong Praja Gondomanan.

"Tentu hal ini tidak lepas dari kerja keras dari pengurus dan kader di wilayah yang luar biasa menggerakkan warga dan kegiatan-kegiatan yang mendukung kemandirian serta kesejahteraan keluarga," bebernya.

Ia berharap dengan diraihnya prestasi tersebut dapat memberikan motivasi dan semangat para pengurus dan kader serta Kampung KB Prawirodirjan dapat terus mendukung program-program Pemerintah Kota Yogyakarta. (Han)