Pemkot Yogya Pastikan Ketertiban Selama Libur Lebaran Terkedali

Danurejan – Mewakili berbagai elemen dan koordinasi di lingkup Kota Jogja, harapannya apa yang akan dilakukan menghadapi libur Lebaran ini dapat terkendalikan dengan baik.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya, pada Rabu (19/4) saat lakukan peninjauan dan pembagian bantuan bagi petugas Pos Pengamanan Operasi Terpusat Ketupat Progo 2023, di Pos Teteg, Malioboro.

Aman mengatakan, dengan melibatkan banyak elemen mulai dari Polri, TNI, dan instansi terkait Pemerintah Kota Yogyakarta, konteks penanganan libur Lebaran dari sisi ketertiban dan keamanan, Kota Yogyakarta akan mempersiapkannya seoptimal mungkin.

“Kami bentuk satu koordinasi pada berbagai aspek, jadi segala hal berkaitan dengan libur Lebaran kita upayakan persiapannya optimal, dengan melibatkan berbagai elemen dan sektor organisasi perangkat daerah,” ujarnya.

Kami harap, tambah Aman, masyarakat dapat menempatkan tamu-tamu yang datang ke Jogja sebagai bagian dari saudara kita, bersama-sama kita berikan pelayanan secara optimal.

Sejalan dengan itu, pada kesempatan lain Penjabat (Pj) Walikota Sumadi berpesan, agar masyarakat di Kota Jogja dapat menerima dengan baik para wisatawan atau pemudik yang datang. Ini adalah berkah untuk masyarakat Kota Jogja, untuk kita semua.

“Kota Jogja itu selalu menarik untuk dikunjungi, apa lagi pada momen libur Lebaran ini. Untuk itu mari kita semua terima para wisatawan dan pemudik ini dengan baik, sesuai dengan citra kita sebagai kota budaya dan kota wisata yang baik,” pesannya saat ditemui pada Senin (17/4) setelah lakukan silaturahmi tarawih di Masjid Baitul Hikmah, Cokrodiningratan, Jetis.

Berdasarkan informasi saat ini, lanjut Sumadi, ada pergerakan 123 juta orang melakukan perjalanan mudik yang akan bertumpuk di pulau Jawa, kurang lebih 7 juta di antaranya akan masuk ke wilayah Kota Jogja.

“Menurut perkiraan kita akan kedatangan sekitar 5,8 hingga 7 juta orang yang masuk wilayah Kota Jogja, baik mereka yang mudik ataupun wisatawan. Ini merupakan angka yang luar biasa, ditambah penduduk Kota Jogja sekitar 400 ribu orang, kita jaga bersama ketertiban, keamanan, dan kebersihan,” jelasnya.

Operasi Terpusat Ketupat Progo 2023 di Kota Yogyakarta dimulai pada 18 April sampai 1 Mei 2023. Dengan menerjunkan sekitar 1.300 personel, yang terdiri dari pasukan Polri, TNI dan instansi terkait di Pemkot Yogyakarta. Titik Pos Pengamanan (Pos Pam) ditempatkan di 5 pos yaitu di Tugu Yogyakarta, Teteg Malioboro, Titik Nol Kilometer, Simpang Tiga Gejayan dan tempat wisata Gembira Loka Zoo. (Jul)