Bahagia di Hari Raya, Junjung Kerukunan Bersama

Umbulharjo - Balai Kota Yogyakarta dipadati jemaah yang menunaikan ibadah salat Id pada Jumat (21/4). Petugas baik dari keamanan (Satpol PP, Linmas), panitia acara, petugas tata suara, hingga warga sekitar yang membantu memarkir kendaraan telah bersiap mulai dari pagi masih gelap. Jemaah pun mulai memadati lapangan Balai Kota Yogyakarta pada pukul 06.00 hingga salat Id dimulai tepat pukul 07.00. Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sumadi turut serta dalam barisan saf terdepan di salat Id pagi ini.

Salat Id pada hari Jumat pagi ini diimami oleh Ustaz Baihaqi Arief Al Hafidz. Bertajuk ”Bahagia Bersama di Hari Raya”, H. Muhammad Chirzin sebagai khatib dalam salat Id menyampaikan bahwa kebahagiaan adalah keharmonisan pikiran, perkataan, dan perbuatan. Hari raya ini menjadi hari dimana kebahagiaan merupakan buah dari ibadah puasa sebulan lamanya saat ramadan.

”Ibadah puasa sebulan lamanya mengolah raga, mengolah jiwa, mengolah rasa, mencerahkan rohani, meningkatkan mutu aqidah, ibadah, dan mu’amalah, Insya Allah”, jelasnya saat menyampaikan khotbah di atas mimbar.

Chirzin menekankan bahwa ibadah puasa menyuburkan iman di dalam dada, mendorong untuk giat bekerja, bergaul dengan sesama secara benar. Hal ini tentu dirasakan jemaah yang hadir dalam salat Id pagi ini. Hari raya Idulfitri menjadi puncak setelah sebulan lamanya berpuasa hingga lebar (selesai) ramadan, bahagia pun hadir dari harmonisnya pikiran, perkataan, dan perbuatan.

Ditemui usai salat Id, Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sumadi berharap agar momen Idulfitri ini menjadi penyemangat umat muslim dalam menjalin kerukunan dan persatuan. Ia berpesan agar hal yang sudah dilaksanakan di bulan Ramadan menjadi pembelajaran untuk dilaksanakan di hari-hari ke depan.

 

“Pada pagi hari ini ada sebagian masyarakat Kota Yogyakarta melaksanakan salat Id, dan Insya Allah besok juga ada sebagian masyarakat yang akan melaksanakan salat Id. Jadikan momen Idulfitri sebagai penyemangat kita untuk menjalin rasa persatuan dan ukhuwah di antara seluruh umat muslim dan seluruh warga Kota Yogyakarta,” terang Sumadi.

Kerukunan tercermin dari bahagianya jemaah yang hadir di lapangan Balai Kota Yogyakarta pagi ini. Tak hanya jemaah pagi ini, tajuk ”Bahagia Bersama di Hari Raya” tentunya juga akan tumbuh dalam hati jemaah yang esok melaksanakan salat Id. Selamat Idulfitri 1444 Hijriah, mohon maaf lahir batin, selamat berbahagia di hari raya. (&re)