Pemkot Serahkan Tali Asih Atlet dan Pelatih Berprestasi POPDA

 

 

Danurejan - Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan hadiah kepada seluruh atlet dan pelatih berprestasi pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) DIY 2023 dengan total Rp 500.675.000 atau Lima Ratus Juta Enam Ratus Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah. Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya memberikan hadiah tersebut secara simbolis pada acara Pemberian Tali Asih kepada seluruh Atlet dan  Peraih Medali bagi Kontingen Kota Yogyakarta beserta Pelatih berprestasi di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Selasa (18/4).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori menjelaskan POPDA DIY Tahun 2023 kontingen kota Yogyakarta berhasil meraih posisi kedua sebagai target yang diharapkan. Kota Yogyakarta memperoleh medali 57 emas, 69 perak dan 80 perunggu. 

“Ini merupakan perbaikan perolehan medali dari POPDA Tahun 2022 lalu yang memperoleh medali 55 emas, 60 perak, 60 perunggu. Sedangkan di POPDA tahun 2023 ini kontingen kota Yogyakarta berhasil naik dua emas, sembilan perak dan 20 perunggu,” ungkapnya.

 

Pada acara ini, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogya  mengundang perwakilan atlet dan pelatih yang sudah mengharumkan nama kontingen Kota Yogyakarta pada POPDA DIY Tahun 2023 yang merupakan perwakilan dari 29 cabang olahraga yang berlaga. 

“Total pemberian Tali Asih bagi Atlet Peraih Medali Emas, Perak dan Perunggu sebesar Rp 385.675.000 sedangkan pemberian Tali Asih bagi Pelatih yang atletnya meraih medali total keseluruhan Rp 115.000.000. Dengan ketentuan setara raihan satu medali tertinggi dari atlet yang dibina atau setara dengan peraih medali perorangan di masing-masing kategori,” jelas Budi Santosa

Aman Yuriadijaya menyampaikan selamat kepada seluruh atlet, pelatih dan semua pihak yang terlibat dalam POPDA DIY 2023 atas prestasi yang telah diraih. Diserahkannya tali asih sebagai wujud penghargaan dan perhatian dari Pemerintah Kota Yogyakarta terhadap kemajuan olahraga. Harapannya dengan tali asih ini, mampu memotivasi seluruh atlet, pelatih maupun official untuk terus berupaya meningkatkan prestasinya di waktu-waktu mendatang. 

 

“Olahraga merupakan sesuatu yang sangat penting bagi Kota Yogya karena bukan hanya dibaca sebagai prestasi tetapi dari olahraga merupakan sebagian dari muatan lokal pendidikan karakter atau pembangunan karakter siswa. Dan hal tersebut menjadi penting karena dari sanalah dapat terlihat bagaimana upaya untuk berjuang, upaya dalam kerja sama, bagaimana upaya dalam menjaga sportifitas dan banyak hal lainnya. Pendidikan olahraga ini sebagai media menanamkan karakter sosial masyarakat ini sangat efektif jadi kontributor dalam prestasi. Saya kira bukan tidak mungkin bahwa kelas olahraga  menjadi pilihan untuk dikembangan dan menjadi harapan bersama,” ujar Aman.

Pelatih cabang olahraga renang, Enggar Yudha mengaku senang dengan adanya pemberian tali asih ini. “Hal ini bisa menjadi motivasi untuk para atlet dan harapannya untuk masa pembinaan lebih panjang lagi,” tambahnya. (Chi)