Taman Pintar Wisata Edukasi Favorit Keluarga Saat Libur Lebaran

Gondomanan – Kunjungan wisata di Taman Pintar mulai dari H+3 Lebaran rata-rata sebanyak 2.172 orang per hari, kebanyakan adalah rombongan keluarga dari luar Kota Jogja, bahkan luar DIY.

Hal itu dikatakan Kepala Seksi Kerjasama dan Pemasaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Budaya Kota Yogyakarta Karmila, saat ditemui pada Rabu (26/4) di Taman Pintar. Pihaknya menjelaskan, jumlah kunjungan pada libur Lebaran kali ini memang sedikit mengalami penurunan.

“Saat libur Lebaran tahun 2022 itu rata-rata kunjungan per hari 2.200 orang, mungkin dikarenakan tahun ini hari libur cuti bersama lebih banyak di depan, bukan setelah Lebaran, jadi waktunya lebih pendek, sehingga sisa liburnya itu bersamaan dengan arus balik,” jelasnya

Karmila juga mengatakan, pengunjung yang datang didominasi oleh rombongan keluarga dan beberapa keluarga kecil dari luar kota yang punya sanak saudara di Jogja. Datang bersama anak-anak untuk menikmati wisata edukasi di Taman Pintar.

“Khusus libur Lebaran ini kami tambah loket tiket untuk mengurangi antrean, kalau hari biasa hanya 3 loket, sekarang ada 4 yang dibuka. Zona yang masih jadi favorit pengunjung itu Gedung Oval, karena berisi beragam peraga edukasi untuk anak-anak segala usia,” ujarnya.

Selain itu, lajut Karmila, Planetarium dan Kampung Kerajinan juga menjadi zona yang paling disukai pengunjung. Kemudian pada bulan Mei mendatang kami juga akan meluncurkan zona terbaru di Gedung Oval, yaitu Sea Life bekerja sama dengan PT. Citra Dimensi Arthali.

“Selama libur Lebaran, kami juga sediakan bazar makanan dari 25 UMKM kuliner dari Kota Jogja di sisi timur. Kami berikan ruang untuk UMKM dan juga memberikan pilihan jajanan yang lebih bervariasi lagi bagi pengunjung,” ungkapnya.

Kami harap, tambah Karmila, setelah pemulihan dari pandemi Covid-19 ini, ke depan banyak inovasi yang hadir. Sehingga Taman Pintar akan tetap menjadi satu pilihan wisata bagi masyarakat, untuk liburan sambil belajar di Kota Jogja.

Salah satu pengunjung asal Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur, Syamaratul Musdalifah menceritakan pengalamannya selama berwisata di Taman Pintar bersama dua anaknya. Menurutnya Taman Pintar sangat cocok menjadi pilihan wisata bersama keluarga.

“Kami ke Jogja untuk silaturahmi ke rumah saudara, mumpung di sini sekalian ke Taman Pintar, karena di tempat kami belum ada wisata yang seperti ini, anak-anak juga senang bisa main, bisa naik perahu juga. Tapi sayangnya belum sempat ke Planetarium, karena ramai sekali jadi kehabisan tiket,” ceritanya.

 

Kemudian pengunjung lainnya, Tabah Budianto bersama kedua anak dan istrinya dari Kulon Progo, mengungkapkan apresiasi kepada Taman Pintar karena telah memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan bagi anaknya.

“Ke sini sama anak dan istri, sudah masuk ke zona edukasi di Gedung Oval, anak-anak senang, bisa dapat pengetahuan dan pengalaman baru lewat permainan edukasi yang ada di sini. Semoga nanti ada wahana baru dan bisa datang ke sini lagi,” ungkapnya. (Jul)