Pemkot Optimalkan Semua Layanan Kesehatan Selama Libur Lebaran

Umbulharjo – Selama masa libur Lebaran, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kesehatan, tetap berikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara penuh, baik itu Puskesmas, RS Pratama, dan RSUD, terutama untuk persalinan dan Instalasi Gawat Darurat yang buka selama 24 jam.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani, saat ditemui pada Kamis (27/4) di ruang kerjanya. Pihaknya juga mengatakan, terdapat Pos Kesehatan yang ada di Pos Pengamanan (Pospam) Teteg Malioboro dan Titik Nol Kilometer, yang siap siaga memberikan pelayanan kesehatan untuk para pemudik dan wisatawan.

“Kami buka Pos Kesehatan di Pospam sejak 18 April hingga 1 Mei 2023, pelayanannya untuk penanganan kegawatdaruratan. Alhamdulillah berdasarkan laporan sejauh ini tidak ada kondisi gawat darurat yang terjadi di Pos Kesehatan, hanya satu dua orang yang memang punya sakit ringan, dan bisa ditangani secara langsung,” katanya.

Luas wilayah Kota Jogja yang hanya 32 kilometer persegi, ungkap Emma, pada dasarnya memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap dan aksesnya mudah. Ada RSUD Kota Yogya, RS Pratama, 18 Puskesmas, dan 20 Rumah Sakit Swasta di wilayah Jogja, ditambah dengan layanan Public Safety Center (PSC) 119.

“Kota Jogja memang luas wilayahnya kecil, tapi layanan kesehatan bisa dikatakan lengkap, aksesnya cepat dan mudah. Jadi ketika memang ada kondisi kegawatdaruratan, dapat ditangani dengan tepat dan cepat,” ungkapnya.

Emma juga berpesan, setelah menikmati libur Lebaran bersama keluarga, diharapkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan, karena Covid-19 masih ada. Terutama saat berkumpul dalam ruangan dan naik kendaraan umum.

“Iya Covid-19 ini kan masih ada, jadi tentu saja kita semua harus disiplin untuk jaga protokol kesehatan. Kemudian karena saat ini cuaca sedang panas, asupan gizi haru diperhatikan, terutama minum air putih yang cukup, konsumsi vitamin, dan jaga pola makan,” imbuhnya. (Jul)