Peringatan Harbuknas Jadikan Buku Jalan Literasi Menuju Sejahtera

Gondokusuman – Bertepatan dengan peringatan Hari Buku Nasional pada 17 Mei nanti, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan gelar rangkaian acara peringatan Harbuknas mulai 9 hingga 20 Mei 2023.

Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Gemar Membaca, Nunun Zulaikha mengatakan, peringatan Harbuknas merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca, juga kecintaan masyarakat pada buku secara keseluruhan.

“Dengan meningkatnya minat baca dan kecintaan masyarakat pada buku, harapannya juga nanti masyarakat akan lebih cerdas secara pengetahuan dan kemampuan, hingga dapat terwujudnya kesejahteraan,” katanya saat ditemui di Perpustakaan Kota Baru, pada Selasa (9/5).

Sesuai dengan tema yang kami usung dalam peringatan Harbuknas tahun 2023, lanjut Nunun, yaitu buku sebagai jalan literasi menuju masyarakat sejahtera. Dalam rangkaian kegiatan tersebut, tidak hanya menyasar pelajar saja, tapi juga masyarakat secara umum di Kota Yogyakarta dari berbagai kalangan usia.

“Untuk kegiatannya ada yang bisa diikuti siswa SD dan SMP, serta kegiatan yang menyasar masyarakat umum. Jadi kami ajak masyarakat Kota Jogja untuk turut serta, meramaikan dan menikmati rangkaian acara peringatan Harbuknas 2023 ini,” ajaknya.

Pelaksanaan peringatan Harbuknas 2023 Kota Jogja diisi dengan kegiatan Wisata Literasi Perpustakaan bagi siswa tingkat SD pada 9 hingga 19 Mei, Kelas Literasi Aksara Jawa tiap hari Selasa di bulan Mei bagi siswa tingkat SD dan SMP, Sosialisasi Peran Masyarakat dalam Pelestarian Naskah Kuno pada 10 Mei, Literasi Terapan Kreasi Pewarnaan Kain pada 10 sampai 20 Mei, Sabtu Seru di Perpustakaan Kota Kreasi Kriya pada 13 Mei, dan Diskusi Buku Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri pada 16 Mei.

Selain kegiatan tersebut, Nunun juga menambahkan, akan ada episode terbaru Story Telling Online Anak atau STARLA berjudul Retna Lestari yang tayang pada 13 Mei di kanal Youtube Perpustakaan Kota Jogja, bekerja sama dengan SD Muhammadiyah Sapen.

“Dalam penyelenggaraan kegiatan ini, kami juga bekerja sama dengan kampung baca, kaitannya dengan Literasi Terapan, unutk menjadikan pengetahuan yang dimiliki dari membaca, menjadi sebuah karya. Nantinya kami juga akan mendonasikan buku dari Bank Buku, ke perpustakaan kelurahan, kampung baca, dan SD serta SMP di Kota Jogja,” tambahnya.

Peringatan Hari Buku Nasional 2023 Kota Jogja dapat diikuti oleh masyarakat umum secara gratis, daftar dan ikuti informasinya di media sosial Instagram Perpustakaan Kota Jogja @puskotjogja. (Jul)