Ajak Kepala Sekolah Perkuat Ekosistem Pendidikan   

MERGANGSAN- Pemerintah Kota Yogyakarta mengajak kepala sekolah di Kota Yogyakarta untuk memperkuat ekosistem pendidikan. Mulai dari jenjang TK sampai SMA/SMK. Terutama memperkuat ekosistem untuk meningkatkan prestasi pendidikan di Kota Yogyakarta.

Menurut Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya kegiatan syawalan Forum Komunikasi Kepala Sekolah se-Kota Yogyakarta itu bagian dari kerja forum komunikasi kepala sekolah. Komunikasi menjadi penting karena kepala sekolah-kepala sekolah serta pengawas dan penilik merupakan satu kesatuan ekosistem pendidikan.

“Komunikasi menjadi bagian yang sangat menentukan penguatan ekosistem. Termasuk ekosistem pendidikan. Kuatnya ekosistem adalah cara untuk memastikan bahwa semua yang menyangkut program akan berhasil,” kata Aman saat menghadiri syawalan Forum Komunikasi Kepala Sekolah se-Kota Yogyakarta, di Hotel Tasneem, Rabu (10/5/2023).

Aman menjelaskan ekosistem yang kuat didukung dengan meningkatkan interaksi. Baik kualitas maupun kuantitas interaksi. Oleh sebab itu kegiatan silaturahmi yang diadakan tidak hanya bicara syawalan, tapi substansial dan mempunyai konteks yang kuat untuk membangun ekosistem kondusif.

“Ekosistem menjadi baik manakala komunikasi ditambah dan dilanjutkan dengan kolaborasi,” ujarnya.

Pihaknya menilai kolaborasi antar unsur-unsur dalam ekosistem Forum Komunikasi Kepala Sekolah se-kota sudah mulai dibangun. Hal itu dibuktikan kendati komando ada dua yakni jenjang TK, SD dan SMP ada di Pemkot Yogyakarta dan SMA/SMK ada di Pemda DIY, tapi bisa terbangun melalui kegiatan syawalan Forum Komunikasi Kepala Sekolah se-Kota Yogyakarta. Diharapkan kegiatan itu dapat memunculkan kolaborasi yang terbangun atas rangkaian jejaring untuk memperkuat ekosistem.

“Harapannya forum komunikasi ini tidak hanya berhenti di substansial syawalan. Tapi ini adalah hakekat untuk memperkuat ekosistem. Mudah-mudahan ini menjadi ujung yang sangat baik sesuai tema syawalan, silaturahmi kepala sekolah kuat, prestasi melesat. Ditambah tidak hanya prestasi melesat, tapi dengan akurat,” terang Aman.

Sementara itu Ketua Panitia Syawalan Forum Komunikasi Kepala Sekolah se-Kota Yogyakarta, Heru Nugroho mengatakan sejak Januari 2017, pengelolaan sekolah SMA dan SMK langsung ke Pemda DIY sehingga komunikasi antara kepala sekolah di Kota Yogyakarta agak terputus. Dengan adanya acara syawalan dapat mengumpulkan kembali sehingga silaturahmi semakin kompak. Total ada sekitar 606 kepala sekolah dari jenjang TK/RA, SD/MI, SMP/Mts, SMA/MA dan SMK di Kota Yogyakarta.

“Tema syawalan ini adalah silaturahmi kepala sekolah kuat, prestasi melesat. Ini sesuai dengan apa yang akan kita laksanakan yaitu mengimplementasi kurikulum merdeka Implementasi kurikulum merdeka yang berbasis pada proyek harus dikuatkan kolaborasinya,” jelas Heru.

Dia menyatakan kekuatan kolaborasi yang dimulai dengan kegiatan silaturahmi seluruh kepala sekolah dari jenjang TK sampai SMA/SMK di Kota Yogyakarta diharapkan menjadi awal memperkuat kolaborasi pendidikan. Dengan sinergitas yang kuat antar kepala sekolah, antar jenjang antar institusi diharapkan bisa memajukan pendidikan di Kota Yogyakarta dan DIY. (Tri)