Layanan Lengkap dan Cepat, MPP Kota Yogya Diminati Masyarakat

Umbulharjo - Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Yogyakarta terus memberikan peningkatan pelayanan bagi masyarakat. Hal ini  juga dirasakan oleh Penjabat Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo yang berkunjung langsung melihat ratusan macam pelayanan dan suasana yang ada di MPP Kota Yogya, Rabu (7/6/2023).

"Saya menyempatkan diri untuk melihat MPP Kota Yogyakarta ini. Saya senang dan gembira karena melihat satu aktivitas pelayanan publik yang terintegrasi. Melihat situasi dan kondisinya sangat memadai, baik dari sisi sarana prasarana maupun dari sisi pelayanan itu sendiri," jelas Singgih Raharjo saat diwawancara.

Menurutnya fasilitas di MPP Kota Yogya sangat lengkap. Selain itu, saat di sela-sela kunjungan Singgih juga sempat bertanya langsung kepada warga bagaimana pelayanan yang diberikan oleh pemerintah melalui MPP tersebut. 

"Sangat lengkap layanan yang diberikan di MPP Kota Yogya ini dan saya tadi juga sempat bertanya kepada masyarakat yang menggunakan layanan ini. Mereka sangat mengapresiasi, sangat terbantu atas layanan yang ada disini. Karena mereka tinggal datang di satu lokasi tetapi sudah bisa mendapatkan banyak service yang diberikan oleh Pemerintah Kota Yogya dan dinikmati oleh masyarakat itu sendiri," ujarnya.

Bahkan dalam kesempatan tersebut, pihaknya mencoba sendiri layanan arsip rumah IMB. Dalam hitungan menit arsip tersebut langsung jadi. "Saya kira kalau tadi memang secara acak saya tanyakan kecepatannya sudah sangat bagus dan saya tadi mencoba sendiri layanan arsip IMB rumah  saya, dan dalam hitungan menit sudah bisa ditemukan. Ini satu layanan yang sangat istimewa menurut saya, dan semoga layanan yang lain juga seperti itu," katanya.

Ia berharap ke depannya, layanan akan semakin mengutamakan kecepatan dan pelayanan yang mudah dan murah. "Jadi tidak terlalu berbelit-belit tetapi bisa didapatkan dengan biaya yang sangat murah. Faster, cheaper, better saya kira menjadi bagian yang perlu didorong terus di MPP Kota Yogyakarta. Pelayanan kepemerintahan untuk masyarakat semua ada di sini. Mari gunakan MPP atau Mall Pelayanan Publik Kota Yogyakarta," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Yogyakarta Budi Santosa mengungkapkan, hingga saat ini layanan yang ada di MPP Kota Yogyakarta berjumlah 219 layanan.

Layanan ini terdiri dari 64 perizinan, 55 non-perizinan dan sisanya adalah 6 layanan komersial dan 94 layanan instansi vertikal. "Untuk yang layanan di sini ini sebenarnya lebih pada instansi vertikal. Karena kalau untuk perizinan dan nonperizinan kita sudah punya aplikasi sendiri. Jadi, mereka bisa download melalui aplikasi seperti JSS. Jadi tidak perlu datang ke sini," ujarnya.

Untuk tahun 2023, Budi Santosa mengungkapkan ada penambahan 7 layanan di MPP Kota Yogyakarta diantaranya Pengadilan Negeri Agama, PUPR, Kejaksaan, Bea Cukai, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, dan Imigrasi. Selain itu, adapun ruang nikah yang merupakan salah satu fasilitas dari MPP. 

"Masyarakat bisa mengakses ruang nikah melalui Pengadilan Agama atau KUA Umbulharjo, atau kalau dari KUA Kota kemantren lain nanti bisa kerja sama dengan KUA Umbulharjo. Nanti bisa di sini kita fasilitasi, termasuk hidangan sederhana. Semoga ini ke depan bisa sangat membantu masyarakat dalam berbagai kegiatan pelayanan publik. dan ini merupakan tanggung jawab kita untuk melayani masyarakat," katanya.

Salah satu pengunjung Diva sangat merasa terbantu adanya layanan yang diberikan oleh pemerintah dalam satu gedung. Diva mengaku jika layanan ini sangat mudah diakses karena terdapat di area Kantor Balai Kota Yogyakarta. Selain itu, keberadaan MPP Kota Yogyakarta ini sangat membantu dirinya yang sedang mencari pelayanan untuk mencetak KTP miliknya.

"Pelayanan disini lengkap, lebih mudah diakses dan bentuk pelayanannya bermacam-macam. Sehingga cepat dan mudah. Namun saya sempat agak bingung loket antrean Disdukcapil Kota Yogyakarta dimana, jadi tadi sempat muter-muter dulu. Mungkin perlu di tambah arah/peta tempat pelayanan yang di tuju warga,” tuturnya. (Hes)