TMMD Sengkuyung Tahap I Resmi Ditutup, Manfaatnya Dirasakan Warga

Umbulharjo - Secara resmi pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 Sengkuyung Tahap I Tahun 2023 telah ditutup dengan sasaran Kelurahan Bener dan Kelurahan Kricak Kemantren Tegalrejo, Yogyakarta.

Komandan Kodim 0734 Kota Yogyakarta Kolonel Arh Burhan Fajari Arfian mengatakan, hasil yang telah dilaksanakan dalam program TMMD kali ini sesuai dengan rencana dan tepat waktu.

Dimana kegiatan ini dengan sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur diantaranya pembangunan sarana transportasi, pembuatan jembatan, tanggul, pemasangan gorong-gorong, pembangunan gapura, pembuatan pos kamling, sarana olahraga,  renovasi rumah ibadah, sekolah dan rehab 10 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta pembangunan sarana sanitasi warga yang dapat diselesaikan tepat waktu.

"Saya mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada seluruh anggota TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat yang selama satu bulan, sejak tanggal 10 Mei - 8 Juni 2023, saling bahu-membahu bersama-sama menyelesaikan program TMMD ke-116," ungkapnya saat upacara penutupan TMMD di halaman Balaikota Yogyakarta, Kamis (08/6/2023).

Selain itu, untuk sasaran non fisik diantaranya penyuluhan kepada masyarakat tentang Bela Negara, Ketahanan Nasional, Stunting, Posyandu, dan Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dapat dilaksanakan dengan lancar.

"Kita terus melakukan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan sasaran fisik dan non fisik. Untuk yang paling unik tahun ini adalah RTLH sebanyak 10 rumah. Dimana pembangunan rumah tersebut tidak hanya dalam bentuk rehab saja, tetapi lengkap dengan isi perabot di dalam rumahnya. Ini hasil kerja sama dengan Baznas sehingga bisa terwujud," ujarnya.

Tak hanya itu, bantuan TMMD tahun ini juga dilakukan pemasangan jaringan listrik, Kursi tamu, tempat tidur spring bed, lemari, meja makan sampai dengan kompor. "Ini pun diberikan tidak sama setiap rumahnya bervariasi, berdasarkan dari request dari pemilik rumah tersebut. "Alhamdulillah semoga bisa bermanfaat khususnya bagi warga Kelurahan Bener dan Kricak dan khususnya bagi Kota Yogyakarta," katanya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Yuniato Dwi Sutono memberikan apresiasi yang tinggi atas bantuan TNI, sehingga pelaksanaan berjalan sesuai rencana.

Menurutnya, kegiatan TMMD ini sangat bermanfaat untuk membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi luar biasa pada TNI dan Kodim 0734 Kota Yogyakarta yang telah bekerjasama melaksanakan TMMD tahap I tahun 2023. Dengan ini mewujudkan bentuk sinergi dengan Pemerintah Kota Yogyakarta yang telah melaksanakan hingga selesai, khususnya di Kemantren Tegalrejo," jelasnya.

Pihaknya juga berharap, untuk ke depannya  masyarakat juga harus merawat fasilitas yang sudah berikan pada program TMMD ini. (Hes)