Siswa SMP 8 Raih Nilai Tertinggi ASPD se-DIY

 

 

Gondokusuman - Sheeryl Kinayra Fateema Arditya (16) siswi SMPN 8 Yogyakarta meraih jumlah nilai Assessment Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD)  tertinggi se-Provinsi DIY dengan nilai 386,50. Selain itu, perolehan hasil ASPD 316 siswa membawa SMPN 8 Yogyakarta meraih peringkat dua di tingkat Kota Yogyakarta dan peringkat lima di Provinsi DIY.

Kepala SMPN 8 Yogyakarta, Binarsih Sukaryanti menyampaikan keberhasilan yang telah diraih tentunya diperoleh dengan penuh perjuangan dan ikhtiar. Hal tersebut tidak lepas dari  berbagai upaya dan kerjasama yang saling menunjang antara sekolah dan orang tua wali murid dan siswa mulai dari optimalisasi pembelajaran, belajar daring, tambahan pelajaran, klinik belajar, hingga pendampingan di rumah.

“Dengan bangga dan penuh syukur, saya mengucapkan Selamat dan Sukses kepada anak-anakku yang telah berhasil lulus 100 persen dalam menyelesaikan studi serta apresiasi, dan terima kasih yang tak terhingga kepada Ibu Bapak orangtua wali siswa, yang telah bekerjasama dalam mengantarkan putra putri menempuh pendidikan di SMPN 8 Yogyakarta,” ujar Binarsih pada acara Pengumuman Dan Pelepasan Siswa Kelas 9 SMPN 8 Yogyakarta, di Aula SMPN 8 Yogyakarta pada Kamis (8/6).

Tidak hanya meraih jumlah nilai ASPD tertinggi se-Provinsi DIY, SMPN 8 Yogyakarta telah meraih berbagai macam kejuaraan baik di bidang akademik maupun non akademik. Alfa Reza Raditya, telah menyumbang 19 penghargaan di bidang akademik seperti juara pertama Olimpiade Matematika OMSUKA 2022, juara pertama Festival Of Madrasah Aliyah Diponegoro 2022 dan juara pertama Olimpiade Sains Nasional 2022 . Selain itu ada Respati Wijayasari Gunawan, menyumbang 24 penghargaan di bidang non akademik seperti juara pertama Dai SMP tingkat DIY, juara pertama Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) jenjang SMP Cabang baca puisi dan juara pertama lomba pidato keagamaan Muhammadiyah Festival 2022.

“Kami selalu mendukung dan memfasilitasi anak-anak baik di bidang akademik maupun non akademik. Seperti hari ini, siswa kami ada yang sedang melaksanakan lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMA tingkat DIY. Jadi kami merupakan satu-satunya SMP yang mengikuti olimpiade di jenjang SMA di bidang informatika dan komputer, sekaligus pernah meraih juara ketiga OSN Jenjang SMA Tingkat Kota tahun 2023,” ungkap Binarsih

Penjabat Walikota Yogya Singgih Raharjo yang hadir pada acara tersebut berpesan untuk selalu meningkatkan wawasan, mengembangkan penguasaan ilmu dan pengetahuan dengan menggunakan kemajuan teknologi informasi digital, carilah informasi sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya.

“Saya juga ingin mengajak para siswa untuk tidak melupakan nilai-nilai dan moralitas yang telah kalian pelajari selama di sekolah. Selain prestasi akademik, penting juga untuk membangun karakter yang baik, seperti integritas, kerjasama, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap sesama,” pesanya.

Sheeryl Kinayra Fateema Arditya (16) meraih peringkat pertama dengan rincian nilai literasi Bahasa Indonesia 98, numerik 97.5, Bahasa Inggris 96 dan Sains 95. Untuk meraih nilai tersebut, Sheeryl membagikan tips and trick model belajarnya yaitu dengan merilekskan dirinya terlebih dahulu kemudian mempelajari materi yang menurutnya masih kurang dipahami. “Sebenarnya bukan tips and trick yang khusus, jadi apa yang belum paham itu dipelajari lebih dulu dan diulang sampai mengerti. Kadang saya juga belajar sambil mendengarkan musik agar merasa nyaman jadi materinya lebih mudah dipahami dan yang tidak boleh lupa adalah tawakal dan minta doa restu orang tua,” ungkapnya. (Chi)