Jamaah Haji Termuda Kota Yogya 20 Tahun Daftar Sejak SD

Umbulharjo-M Rizqi Widyananto menjadi  calon jamaah haji termuda asal Kota Yogakarta tahun 2023 yang tergabung kelompok terbang (kloter) 50 SOC.

Pemuda asal Kelurahan Terban ini mengaku bisa berangkat menunaikan ibadah di usianya yang menginjak 20 tahun lantaran orang tuanya telah mendaftarkannya sejak ia masih kecil.

"Saya sudah didaftarkan haji oleh orang tua saya ketika saya masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD)," bebernya saat pelepasan jamaah calon haji di Balaikota Yogyakarta, Kamis (8/6/2023).

Setelah mendaftar belasan tahun lalu, kini penantiannya sejak masih duduk di bangku SD terbayar pada tahun ini.

Seperti jamaah haji lain, ia juga harus menabung untuk bisa pergi berhaji. Ia bahkan mengaku telah menabung sejak duduk di bangku SD.

"Saya masih tak menyangka bisa berangkat ke tanah suci tahun ini. Meski begitu, saya merasa bersyukur bisa berangkat haji bersama keluarga," ungkapnya.

Setelah mendapatkan kabar tersebut, Rizqi dan keluarganya langsung mempersiapkan seluruh administrasi yang diperlukan.

Rizqi mengaku sangat siap secara fisik, mengingat usianya yang termuda. "Insyaallah saya nanti juga akan membantu rombongan lain yang kebanyakan merupakan lansia," katanya. 

Pelepasan calon jemaah haji ini dilakukan oleh Penjabat Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo.

Tangis haru dari para pengantar mengiringi keberangkatan para calon jamaah haji asal Kota Yogyakarta.

Mereka tak kuasa menahan tangis ketika melihat bus yang ditumpangi para rombongan calon jamaah mulai berjalan keluar dari komplek Balaikota Yogyakarta menuju ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali yang kemudian akan terbang ke Jeddah, Arab Saudi.

Tangis haru bercampur bahagia ini terjadi karena penantian mereka yang cukup lama untuk bisa menunaikan rukun islam yang kelima ini.

Pada kesempatan tersebut Penjabat Walikota Yogyakarta mengingatkan kepada seluruh jamaah calon haji untuk senantiasa menjaga kesehatan agar dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan paripurna.

"Pelaksanaan ibadah haji merupakan rangkaian ritual ibadah yang cukup panjang. Selain itu ini menjadi lebih menantang karena ibadah haji tahun ini bertepatan dengan musim panas," ungkapnya.

Orang nomor satu di Kota Yogyakarta ini  juga meminta agar seluruh jamaah mendoakan Kota Yogyakarta supaya Kota pelajar ini tetap aman, tenteram, dan kondusif.

Ia pun akan terus memantau kondisi calon jamaah haji asal Kota Yogyakarta yang melaksanakan ibadah haji melalui Kementerian Agama (Kemenag) Kota Yogyakarta.

"Kami akan meminta update secara berkala untuk mengetahui perkembangan jamaah," bebernya.

Sementara itu Kepala Kantor (Kemenag) Kota Yogyakarta, H Nadief mengatakan jamaah calon haji Kota Yogyakarta pada tahun 2023 seluruhnya berjumlah 353 orang.

"353 orang ini terdiri dari 197 perempuan dan 156 laki-laki. Insyaallah semuanya dalam kondisi sehat," katanya.

Untuk jamaah calon haji tertua adalah Eko Hartono berusia 93 tahun dan termuda adalah M Rizqi Widyananto yang berusia 20 tahun.

Dijadwalkan seluruh jemaah ini akan terbang ke tanah suci dari Bandar Udara International Adi Soemarmo Solo pada hari Jumat (9/6/2023) pukul 04.00 WIB dan sampai di Jeddah pada pukul 12:00 Waktu Arab Saudi (WAS).

"Nantinya mereka akan kembali ke Indonesia pada tanggal 21 Juli 2023 dan diperkirakan tiba di Bandar Udara International Adi Soemarmo Solo pukul 04:50 WIB," jelasnya. (Han)