Warga Sorosutan Terima Bantuan Gerobak Angkringan

Umbulharjo-Raut wajah bahagia terpancar dari Almena warga Kampung Sorogenen RT 03, RW 09, Kelurahan Sorosutan, Kemantren Umbulharjo, Kota Yogyakarta ketika rombongan Badan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta mendatangi kediamannya.

Wajah bahagia Almena bukan tanpa alasan. Ia menjadi salah satu penerima bantuan gerobak angkringan dan seperangkat alat pendukung lainnya serta modal usaha yang seluruhnya berjumlah Rp 3,7 juta.

Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Baznas Kota Yogyakarta kepada masyarakat dan pedagang kecil yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Yogyakarta.

Pria berkaos hitam ini mengaku bahagia mendapat gerobak baru tersebut. Karena, gerobak lamanya sudah rusak bahkan beberapa bagiannya juga keropos termakan usia.

Sudah lama pula ia menginginkan gerobak baru untuk memudahkannya berjualan, namun karena keterbatasan dana ia urungkan untuk membeli gerobak baru. 

Menurut Almena gerobak tersebut bukan hanya sebagai benda semata, lebih dari itu, gerobak ini adalah penyambung asa dan hidupnya.

"Mendapat gerobak baru adalah impian saya selama ini. Insyaallah dengan bantuan gerobak angkringan ini bisa membantu saya untuk memajukan usaha," kata Almena sembari  menyungging senyum sumringah, Jumat (9/6/2023).

Sebelumnya, usaha yang telah dirintisnya sejak lama ini hanya menggunakan gerobak dan meja seadanya. 

"Selama ini menggunakan meja yang ditaruh di depan rumah untuk berjualan," ungkap lelaki sederhana ini.

Gerobak baru yang diterimanya tampak didominasi warna hijau dan coklat. Panjangnya kira-kira 1,5 meter dan lebarnya satu mencapai satu meter.

Terdapat laci untuk menyimpan uang dan rak untuk menyimpan berbagai peralatan di gerobak tersebut. Selain itu, gerobak tersebut juga terlihat lebih kokoh dibanding gerobaknya yang lama.

Dengan adanya bantuan gerobak, Almena saat ini dapat tersenyum lega lantaran ia bisa menambah menu di angkringannya karena gerobak baru tersebut juga berukuran lebih besar dari gerobak sebelumnya.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan oleh Wakil Ketua II Baznas Kota Yogyakarta, Abdul Samik Shandi. Ia menjelaskan, pemberian berbentuk gerobak sesuai dengan pengajuan permohonan bantuan yang masuk dari masyarakat.

"Sumber bantuan ini berasal dari zakat, infak, dan sedekah dari berbagai pihak yang dihimpun Baznas Kota Yogyakarta, termasuk dari seluruh karyawan Pemkot Yogya," ungkapnya.

Pihaknnya pun akan rutin melakukan monitoring sehingga gerobak yang diterima Almena memang digunakan untuk menjalankan usahanya.

“Jangan sampai setelah menerima, gerobak ini kemudian malah disimpan di belakang rumah,” ujarnya.

Abdul Samik berharap dengan gerobak baru tersebut dapat memberikan peningkatan pendapatan bagi penerimanya.

“Dengan adanya gerobak yang baru, kami harapkan pendapatan Almena bisa meningkat. Dengan begitu maka kesejahteraannya juga akan ikut terangkat. Berjualan juga lebih nyaman karena kebersihan terjaga,” ujarnya.

Sebab, lanjutnya, tempat jualan yang bersih akan menarik minat masyarakat untuk membeli. "Kami selalu berkomitmen untuk membantu masyarakat," katanya. (Han)