Gebyar PAUD Meriahkan Festival Mantrijeron Nyawiji

 

Mantrijeron - Sebanyak 150 orang anak dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kemantren Mantrijeron mengikuti 'Gebyar PAUD' dalam rangka 'Festival Mantrijeron Nyawiji' di Lapangan Minggiran, Kemantren Mantrijeron, Yogyakarta, Sabtu (10/6/2023). Dengan menggunakan Baju Jawa, semangat dan kegembiraan terlihat oleh anak-anak PAUD yang sedang asik menikmati tari kolosal bersama-sama.

Mantri Pamong Praja Kemantren Mantrijeron Affrio Sunarno mengatakan, kegiatan yang terlaksana sejak 9-11 Juni 2023 ini dalam rangka memperingati HUT Ke-76 Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta. Dengan mengambil tema 'Festival Mantrijeron Nyawiji' harapannya akan tumbuh solidaritas semua warga Mantrijeron dan menyatu satu dengan lainnya.

"Kegiatan ini kaitannya dengan HUT Pemkot Yogyakarta. Festival Mantrijeron Nyawiji diharapkan seluruh elemen menyatu dan semangat yang tumbuh Handarbeni Mantrijeron," jelasnya.

Untuk mempersatukan warganya, pihaknya juga mengangkat kelompok PAUD agar menambah kegembiraan semakin terasa dengan hadirnya anak-anak di tengah Festival Mantrijeron Nyawiji. ''Selain Gebyar PAUD, ada UMKM, musik karawitan, ketoprak, dan tari-tarian semua merupakan warga Mantrijeron," ujarnya.

Menurutnya, Gebyar PAUD ini merupakan bentuk apresiasi kepada anak-anak agar di masa kecilnya memiliki pengalaman yang menyenangkan.

"Khususnya Gebyar PAUD ini dalam bentuk untuk festival, anak-anak PAUD menari diiringi musik yang sangat tidak asing di Yogyakarta dengan penampilan terbaik mereka. Tarian ini kita lombakan, mereka mewakili tiga kelurahan yang ada di Mantrijeron. Ini salah satu bentuk bergembira bersama anak-anak dengan memiliki wadah yang bisa mengaktualisasikan diri mereka," jelasnya.

Salah satu Guru PAUD Surya Dharma Kinasih Suryodiningratan Siti Wahyuni sangat berbangga hati melihat anak didiknya mendapatkan Juara I Lomba Tari dalam Gebyar PAUD.

''Selamat buat anak-anak sudah bersusah payah berlatih satu minggu. Tidak sia-sia tenaga anak-anak latihannya. Semangat anak-anak kami acungi jempol," katanya. 

Selain itu, dalam Gebyar PAUD tersebut untuk Juara II diraih oleh PAUD Tunas Bangsa Kelurahan Gedongkiwo dan Juara III diraih oleh PAUD Mutiara Bangsa Kelurahan Mantrijeron dimana masing-masing pemenang mendapatkan hadiah dari ABC Toys Jogja. 

Tak hanya itu, kegembiraan juga dirasakan salah satu orang tua murid, Lia mengungkapkan, salah satu semangat anak-anak adalah memakai baju jawa yang merupakan baju khas Kota Yogyakarta.

"Anak-anak dalam persiapan tidak lama hanya tiga kali latihan. Yang membuat mereka semakin semangat karena memakai pakaian jawa. Semoga di lain kesempatan bisa ikut menari lagi," ujar Lia. (Hes)