Pemkot Yogya Tingkatkan Kemampuan Pengelola Keuangan

Gedongtengen - Dalam meningkatkan pengetahuan dan kualitas penatausahaan keuangan daerah yang transparan, efisien dan akuntabel, perlu didukung oleh sumber daya manusia terutama yang berkompeten terhadap pengelolaan keuangan daerah.

Oleh karenanya, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Yogyakarta, menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah 'Bagi Pengelola Keuangan di lingkungan Setda Kota Yogyakarta.

Kepala Bagian Administrasi dan Keuangan BKPSDM Kota Yogyakarta, Sutini Sri Lestari  mengatakan, kegiatan ini melibatkan bendahara gaji, pembuat dokumen, analis kebijakan perencanaan, pengurus barang, dan akutansi yang ada di lingkungan Setda Kota Yogyakarta.

Menurutnya, acara ini dapat meningkatkan SDM dalam rangka pengelolaan keuangan. Selain itu, diharapkan semua pegawai kompak dalam bekerjasama dan menjalani pekerjaan secara optimal.

''Terkadang dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan, ada banyak orang baru, sehingga jika terjadi permasalahan dapat menghambat penyelesaiannya karena membutuhkan proses. Oleh karenanya kesempatan ini diberikan untuk pegawai baru maupun lama, agar jika terjadi permasalahan dapat terselesaikan dengan cepat," kata Sutini saat diwawancarai di Hotel Royal Darmo Malioboro, Yogyakarta, Rabu (21/6).

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya  mengungkapkan, tidak hanya memberikan ilmu saja, para SDM yang ada juga harus kompakan dalam pekerjaan. Selain itu, kerja keras, saling memahami adalah kuncinya. "Semua ini menjadi satu kesatuan. Terlebih semuanya memiliki skillnya masing-masing," jelasnya.

Aman Yuriadijaya mengatakan, dalam merancang kegiatan, unsur administrasi kegiatan harusnya menyusun kerangka acuan kerja. Sehingga apapun kegiatannya, semua sudah memiliki penyelesaian  permasalahan.

"Masih banyak yang hingga saat ini tidak menerapkan kerangka acuan pekerjaan. Sehingga ketika tidak memakai kerangka acuan kerja, maka akan banyak problem atau masalah dikemudian hari. Ini sangatlah penting dilakukan. Semoga semua yang dilakukan berjalan dengan optima," ujarnya. (Hes)