Liburan Seru di Perpustakaan Kotabaru

 

Bingung cari tempat berlibur tapi destinasi wisata penuh? Tenang, di Kota Yogyakarta memiliki tempat yang asik untuk berlibur tapi juga sekaligus sebagai tempat edukasi.

Ya, kamu bisa mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta.

Disini anak-anak mulai dari SD hingga SMP diberikan wadah untuk berkreasi tapi dengan kegiatan yang seru dan gratis.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak 3-7 Juli 2023. Disini anak-anak diajak untuk mengikuti kegiatan seru seperti kreasi literasi anak yang dilaksanakan di Jalan Suroto No. 9, Kotabaru Yogyakarta.

Salah satu kegiatannya adalah pelatihan fotografi yang dilaksanakan pada tanggal 5-6 Juli 2023, pelatihan menulis dengan tema Jejak Literasi Siswa Kota Yogyakarta (JELITA) serta pelatihan Meningkatkan literasi Siswa Kota Yogyakarta Istimewa (MELISA) bagi siswa kelas 7 dan 8 SMP/MTs, pada tanggal 7 Juli 2023. 

Salah satu siswa SMP Negeri 1 Yogyakarta Anggita Rizky mengatakan, mendapatkan informasi pelatihan Fotografi dari sekolahnya. Pelatihan ini dilaksanakan di Perpustakaan Kota Yogyakarta.

Selain mendapatkan teman baru, pelatihan ini sangat berguna dan merupakan ilmu baru untuknya. "Sangat senang bisa mendapatkan ilmu yang baru, ilmu menentukan cahaya untuk mendapatkan hasil yang bagus saat foto suatu objek. Tadi sudah foto suasana sekitar dan foto orang. Seru banget mendapatkan teman baru dan pengalaman baru," ujarnya, Rabu (5/7).

Siswa lainnya dari SMP Bopkri 1 Yogyakarta Sani Chandra mengungkapkan, mengikuti pelatihan fotografi ini hanya iseng untuk mengisi hari liburnya. "Tadi sudah foto sekitaran perpustakaan, seru, bisa mendapat pengalaman belajar lebih dalam lagi," jelasnya.

Tak hanya itu, anak-anak dan orangtua juga senang karena anak-anaknya berkegiatan positif. Salah satu orangtua peserta, Desi mengungkapkan, baru pertama kali anaknya mengikuti liburan bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta.

Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat terutama dalam mengolah kreativitas anak. "Baru pertama kali mengikuti dan bagus sekali. Sejak hari pertama sampai ke kedua anak sangat antusias mengisi liburan. Disini kreatifitas bisa terbentuk," katanya.

Ia berharap, untuk tahun selanjutnya ada kategori bagi anak TK. Sehingga semua jenjang pendidikan dari TK hingga SMP bahkan SMA bisa mengikuti liburan seru di Perpustakaan Kota Yogyakarta. "Kalau bisa anak TK dilibatkan. Jadi tidak hanya anak SD-SMP saja, agar semakin meriah," ujar Desi.

Sementara itu, Pustakawan Ahli Muda DPK Kota Yogyakarta, Sri Anik Lestari mengatakan, kegiatan pada tahun ini beda dari tahun sebelumnya, kegiatan kreasi anak untuk tahun 2022 anak-anak diajak untuk  memasak dan membuat  batik jumputan. Sedangkan, untuk tahun ini lebih kepada pemanfaatan tanah liat menjadi gerabah dan melukis siluet untuk anak SD.

"Kami memfasilitasi anak-anak di Kota Yogyakarta untuk mengisi liburannya dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat dan mendekatkan anak-anak ke Perpustakaan. Harapannya dengan mengenal perpustakaan secara tidak langsung meningkatkan gemar membacanya," jelasnya.

Tak hanya itu, untuk pelatihan  fotografi anak SMP diadakan tahun ini lebih seru karena anak-anak diajak untuk mengekspos budaya yang ada di pedestrian Kotabaru. 

Selain belajar sejarah, anak-anak diharapkan mampu mencintai budaya yang ada di Kota Yogyakarta ''Untuk fotografi kita lebih menguatkan budaya, misalnya peninggalan rumah-rumah Belanda sebagai materi pelatihan fotografinya. Sehingga harapannya anak-anak bisa ikut mencintai budaya," ujarnya.  (Hes)