Nikmati Kuliner Sembari Nonton Film di Becak

Melepas rindu akan makanan khas Kota Yogyakarta kini bisa dinikmati oleh warga ataupun wisatawan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengikuti Kotabaru Food Festival. 

Beda dari festival biasanya, Kotabaru Food Festival menyediakan 'Drive in Cinema' yang dikemas secara epic.

Disini warga ataupun wisatawan bisa merasakan sensasi melihat film dengan becak dan menikmati makanan serta minuman khas dari 31 Rintisan Kelurahan Budaya (RKB) di Kota Yogyakarta dengan merogoh kocek Rp 50 ribu saja.

Uniknya, makanan dan minuman yang merupakan paket 'Drive in Cinema' ini diantarkan langsung ke tempat becak dan memakai baju khas ala Belanda agar suasana zaman dahulu kental terasa di area festival. Kali ini warga diajak melihat film dengan judul 'Gegaraning Akrami'.

Bagi warga yang hendak berlibur menikmati akhir pekan, Kotabaru Food Festival bisa menjadi alternatif pilihan dan patut di coba.

Kegiatan ini diselenggarakan di Stadion Kridosono Yogyakarta 8-9 Juli 2023, ini merupakan rangkaian Kotabaru Heritage Festival yang digelar pada 6-9 Juli 2023. 

Tak hanya warga lokal saja yang menikmati makanan khas RKB dan merasakan sensasi Drive in Cinema ini, namun ada dari luar Kota Yogyakarta seperti Kota Kediri yang turut hadir menikmati sore hingga malam di acara Kotabaru Food Festival.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Kediri Zakri Ahmad mengatakan, ikut bangga bisa menikmati jamuan dan kuliner khas Kota Yogyakarta dan melihat film menggunakan becak dalam rangkaian Kotabaru Food Festival.

Menurutnya, pengalaman menikmati makanan khas RKB dan melihat film menggunakan becak dengan konsep 'Drive in Cinema' baru dirasakan. Ia mengungkapkan, kegiatan ini mampu meningkatkan ekonomi di masyarakat.

"Kami sengaja dari kota kediri belajar mengelola cagar budaya yang luar biasa seperti di Kota, Yogyakarta. Wisatawan datang ke jogja tidak ada rasa bosan seperti ada magnet disini. Ini merupakan agenda tahunan Kotabaru Heritage Festival yang akan kami Kota Kediri pelajari sesuai dengan kondisi kita,"ujarnya.

Kalian bisa mencicipi mulai dari makan dan minuman berat seperti Gudeg, Bakmi Godog, Nasi Liwet atau makanan ringan seperti Keripik Bunga Telang, Lupis, Cemplon ataupun minuman seperti Seruni (Sereh dan Jeruk Nipis), Sirup Bunga Telang dan masih banyak lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta Yetti Martanti mengatakan, konsep ini dibuat dengan sangat matang, dengan harapan bisa dinikmati warga ataupun wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta.

"Konsepnya dengan membeli kuliner disini seharga Rp 50 ribu sudah dengan becak dan makanan sekaligus nonton film dan akan dilayani secara langsung oleh para tenan dari RKB," jelas Yetti saat diwawancara, Sabtu (8/7).

Ia berharap makanan khas RKB ini semakin dikenal dan dapat dilestarikan. "Semoga makanan warisan budaya semakin dikenal dan UMKM RKB semakin melestarikan kuliner Kota Yogyakarta. Harapannya ini menjadi daya tarik wisatawan. Targetnya 500 ribu pengunjung yang akan datang kesini," ujarnya.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengungkapkan, Kotabaru Food Festival ini sangat sukses dalam merangkul UMKM RKB yang ada di Kota Yogyakarta. 

Walaupun, cuaca disambut dengan hujan, tidak menghilangkan tekad mereka dalam ikut melestarikan makanan warisan budaya yang ada di Kota Yogyakarta.

"Semoga disambut dengan hujan ini menjadi berkah, kehadiran UMKM RKB ini ikut memperkuat branding Kotabaru. Saya sangat apresiasi kegiatan ini dan selamat untuk kita semua, mari kita madang (makan) bareng," katanya. (Hes)