Travel Dialog Pertemukan Pelaku Usaha Pariwisata Yogya dan Makassar

Makassar-Meskipun sudah menyandang predikat sebagai kota pariwisata, namun Kota Yogyakarta tidak pernah surut untuk terus menggencarkan promosi pariwisata, salah satunya melalui kegiatan Direct Promotion Travel Dialog dan Table Top Pariwisata.

Kali ini Dinas Pariwisata (Dinpar) Kota Yogyakarta memilih Kota Makassar. Dipilihnya kota ini lantaran bersamaan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Tahun 2023 dimana seluruh Pemkot seluruh Indonesia berkumpul di Kota tersebut.

Kepala Dinpar Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan melalui kegiatan tersebut pihaknya ingin mengenalkan sekaligus mempromosikan berbagai objek wisata unggulan dan wisata baru di Kota Yogyakarta.

Sebagai informasi kegiatan tersebut mempertemukan pengusaha pariwisata dari Kota Yogyakarta dengan pelaku usaha pariwisata di Kota Makassar sehingga terjadi transaksi untuk membawa wisatawan berkunjung ke Kota Yogyakarta.

“Ada 20 pelaku usaha pariwisata yang kami ajak dalam kegiatan ini, sementara kami mengundang 40 undangan buyers dan travel agent dari Kota Makassar," katanya di Aston Makassar, (11/7/2023).

Wahyu menambahkan pada tahun 2022 lalu angka kunjungan wisata di Kota Yogya mencapai 7,4 juta pengunjung. Diantaranya sebanyak 12.136 merupakan turis mancanegara.

"Rata-rata lama tinggal wisatawan di Kota Yogya adalah 1,86 hari dengan rata-rata belanja wisatawan mencapai Rp 1,97 juta per wisatawan," ungkapnya.

Wahyu berharap dengan adanya kegiatan ini mereka bisa menarik sebanyak-banyaknya wisatawan untuk berkunjung ke Kota Yogyakarta dengan menawarkan layanan yang prima.

Penjabat Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo saat membuka 
Direct Promotion Travel Dialog dan Table Top Pariwisata di Hotel Aston Makassar, Selasa (11/7/2023).

Sementara itu Penjabat Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo sangat mendukung segala upaya promosi dengan memanfaatkan peluang kerjasama diantara para pelaku industri pariwisata tersebut.

Menurutnya Kota Makassar dan Kota Yogyakarta memiliki kesamaan karakteristik dimana pembangunan industri pariwisata menjadi salah satu motor penggerak roda perekonomian daerah.

"Makassar maupun Kota Yogyakarta masing-masing merupakan sentra industri pariwisata, pusat pemerintahan provinsi, pusat bisnis dan pusat industri UMKM," ungkapnya.

Singgih mengungkapkan daya tarik Kota Yogyakarta terletak pada kekayaan seni budaya dan kreativitas warganya.

"Pariwisata ini merupakan ekosistem, jadi harus bergerak bersama, semua unsur harus aktif," katanya.

Tak sampai disitu, Pemkot Yogyakarta juga telah menggandeng berbagai pihak untuk mendorong pariwisata Kota Yogya.

"Seperti Asita, PHRI, Gipi, dan sejumlah perguruan tinggi untuk mendukung perkembangan kampung wisata di Kota Yogyakarta," ujarnya.

Orang nomor satu di Kota Yogya ini juga  membeberkan bahwa Kota Yogyakarta memiliki berbagai potensi wisata yang besar.

"Kota Yogya memiliki 23 kampung wisata, selain itu ada 23.000 usaha UMKM di Kota Yogya sebagai pendukung usaha wisata dan ada 600 kelompok kesenian tersebar di 45 Kelurahan," tandasnya.

Singgih pun mengaku optimis acara tersebut akan memberikan dampak yang signifikan terhadap jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Yogyakarta. (Han)