Peringatan Hari Koperasi ke-76 Bangga Berkoperasi Indonesia Maju

Umbulharjo – Upacara Peringatan Hari Koperasi ke-76 digelar di lapangan Kompleks Balaikota Yogyakarta (17/7) pagi, dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono, yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Tema peringatan Hari Koperasi ke-76 adalah Pemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat, dengan tagline Bangga Berkoperasi, Indonesia Maju. Upacara diikuti oleh ASN dan pegawai Pemerintah Kota Yogyakarta, dengan perwira upacara Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM (Disperinkopukm) Kota Yogyakarta, Tri Karyadi Riyanto.

Upacara Peringatan Hari Koperasi ke-76 Pemkot Yogyakarta, Senin (17/7) di Lapangan Balaikota.

Dalam amanatnya, Yunianto menyampaikan, saat ini pemerintah berfokus pada pengembangan koperasi sektor riil, untuk membangun ekonomi anggota dan masyarakat lebih luas. Dengan banyak potensi yang dimiliki, mulai dari perdagangan, jasa pariwisata, industri kecil rumah tangga, kuliner, pertanian, peternakan, perikanan dan lainnya.

“Kota Jogja punya potensi unggulan destinasi wisata, kerajinan dan komoditas di mana koperasi sektor riil dapat menjadi pemain utama, dalam memanfaatkan sumber daya tersebut. Supaya manfaat dan nilai tambah yang dihasilkan, dapat terdistribusikan kembali ke anggota dan masyarakat di wilayahnya,” tuturnya.

Pemenang Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian Jenjang SMA.

Yunianto juga mengatakan, saat ini koperasi didorong lebih adaptif terhadap perubahan dan perkembangan ekonomi, teknologi, sosial dan budaya secara global, serta mampu menjawab tantangan zaman dengan memiliki daya saing dan kolaborasi yang besar.

“Isu strategis yang perlu menjadi perhatian bersama adalah mengenai pembaruan ketentuan modal koperasi, adopsi teknologi digital dalam tata kelola dan usaha, modernisasi kelembagaan, rekognisi koperasi syariah, serta afirmasi koperasi sektor riil,” katanya.

Pemenang Lomba Pra Koperasi.

Pada Upacara Peringatan Hari Koperasi ke-76 juga dilakukan pemberian penghargaan pada pemenang Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian, yang terdiri dari Jenjang SMP dimenangkan oleh SMPN 10, SMPN 8, SMPN 9, Jenjang SMA/SMK oleh MAN 1, SMAN 8, SMAN 1, Jenjang Perguruan Tinggi oleh KOPMA UII, dan 2 KOPMA UAD, serta Lomba Pra Koperasi dimenangkan Bank Sampah Dados Artho, Gapoktan Ngudi Luhur dan Bina Sejahtera Mandiri. (Jul)