Ruang Ekraf Prawirotaman Ajak Kaum Milenial Yogya Kembangkan Diri

Mantrijeron-Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo mengajak anak muda atau kaum milenial agar mengunjungi Pasar Prawirotaman. Lantaran di pasar ini sudah disediakan berbagai fasilitas untuk mengembangkan kreativitas sesuai bidangnya.

"Yuk, kaum milenial manfaatkan Pasar Prawirotaman ini untuk mengembangkan kreativitas sesuai bidang kalian karena disini sudah disediakan ruang ekonomi kreatif (ekraf)," ajaknya saat mengunjungi Pasar Prawirotaman, Minggu (14/8/2023).

Menurutnya dengan adanya ruangan tersebut masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang ada untuk mengembangkan usahanya. 

"Ekosistem ekraf harus ditingkatkan di Kota Yogya, kedepan ekosistem tersebut harus terus tumbuh dan ruang ekonomi kreatif jadi lokomotifnya,” pungkasnya.

Singgih mengungkapkan saat ini kondisi Pasar Prawirotaman sudah jauh lebih nyaman, pengunjung dapat menggunakan fasilitas yang sudah disiapkan dengan matang.

"Berbagai fasilitas dapat dimanfaatkan oleh masyarakat seperti ruang studio foto, studio musik, ruang podcast, hingga ruang untuk mengadakan seminar pun ada," jelasnya.

Apalagi, lanjutnya, pada bagian rooftop pasar tersedia foodcourt yang dilengkapi dengan berbagai menu makanan serta minuman dan tempat duduk yang sangat nyaman untuk menikmati matahari terbenam. 

"Ini sebuah sensasi yang patut dicoba untuk menyantap makanan sambil menikmati senja, langit yang memerah saat matahari mulai terbenam dari rooftop Pasar Prawirotaman," tandasnya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo saat menyapa salah satu pengunjung foodcourt yang berada di lantai 4 Pasar Prawirotaman, Minggu (13/8/2023).

Singgih berharap apa yang telah didedikasikan Pemkot Yogya bisa menjadi sebuah ekosistem yang positif dan kreatif untuk mendukung pertumbuhan ekraf di Kota Yogya. 

 “Saya berharap, kaum milenial tidak hanya pergi ke mall namun bisa juga menikmati co-working space di Pasar Prawirotaman ini. Kaum milenial diberi ruang untuk bekerja bersama dalam tim, bisa dikembangkan kedepannya,” ungkapnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogya, Veronica Ambar Ismuwardani mengatakan ruang ekraf Pasar Prawirotaman terus beradaptasi terhadap perubahan dan permintaan konsumen.

"Sehingga pengembangan layanan dan fasilitas menjadi syarat mutlak untuk berkompetisi dengan layanan sejenis," ujarnya.

Pihaknya pun berkomitmen untuk terus meningkatkan fasilitas yang ada di pasar ini dengan harapan meningkatkan pertumbuhan ekraf di Kota Yogya.

"Kami akan selalu berbenah dan meningkatkan layanan dengan penguatan di berbagai fasilitas yang disediakan, serta meningkatkan tata kelola layanan menyesuaikan segmen market yang dituju agar lebih ramai dan dimanfaatkan berbagai pihak,” ujarnya. (Han)