HUT ke-78 RI Semangat Menempuh Perubahan Tiap Dimensi Kehidupan

Umbulharjo – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia digelar di lapangan Kompleks Balaikota Yogyakarta Kamis Pagi (17/8), dipimpin langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo, yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Sebanyak 38 anggota pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) tahun 2023 dari pelajar SMA di Yogyakarta sukses mengibarkan bendera merah putih, dalam Upacara peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia yang berlangsung tertib dan khidmat.

Paskibraka Kota Yogyakarta 2023 bertugas dalam Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Lapangan Balaikota Yogyakarta.

Komandan upacara yang bertugas adalah AKP Anas Ma’ruf Zamroni selaku Kanit Gakkum Satlantas Polresta Yogyakarta, komandan paskibraka Letda Laut Harianto dan perwira upacara diampu Kabagren Polresta Yogyakarta Kompol Suwardi.

Dalam amanat upacara, Singgih membacakan sambutan tertulis Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Dalam amanat itu Sultan mengingatkan momentum peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia, dengan tema Terus Melaju untuk Indonesia Maju, dapat dimaknai sebagai semangat menempuh perubahan ke arah lebih baik, pada tiap dimensi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Berbagai perubahan yang terjadi adalah keniscayaan, jadi setiap perubahan harus disikapi positif, diiringi upaya pembelajaran atas kehidupan, agar perubahan tersebut memiliki dampak positif dan menyejahterakan,” kata Singih.

Prosesi pengibaran bendera Merah Putih saat Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pemerintah Kota Yogyakarta.

Pada rangkaian upacara peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia di Pemerintah Kota Yogyakarta, juga dimeriahkan dengan persembahan aubade lagu-lagu patriotik dari Paduan Suara SMPN 8 Yogyakarta, penampilan Juara 5 Besar Mahardika Nada Nusantara 2023 dan Polisi Kecil Polresta Kota Yogyakarta.

Usai upacara peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia, Singgih mengatakan, setelah persiapan panjang hari ini kegiatan yang ditunggu-tunggu berjalan lancar dan sukses.

“Paskibraka dengan persiapannya yang matang telah membuktikan hasilnya sangat luar biasa, proses dari awal sampai akhir semuanya lancar, cuaca juga mendukung, tidak begitu panas. Pada momentum ini mari kita bersama-sama membangun Kota Yogyakarta lebih maju, memberikan sumbangsih bagi Indonesia yang terus melaju dan maju,” ujarnya. (Jul)

Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo bertindak sebagai inspektur upacara.