PRS 2023 Promosikan UMKM Unggulan Kota Yogya

Umbulharjo-Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo melepas pawai Pesta Rakyat Simpedes (PRS) yang di inisiasi oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Pawai ini mengambil start di depan Rumah Dinas Wali Kota Yogya dan finish di lapangan parkir Stadion Mandala Krida.

Selain pawai yang diisii dengan karnaval seni dan budaya, acara PRS ini akan menghadirkan Pasar bazar UMKM unggulan binaan BRI di Kota Yogyakarta dan akan menampilkan berbagai macam produk UMKM dengan beberapa kategori seperti kuliner, fashion, craft. Semua transaksi pembelian produk-produk UMKM menggunakan BRImo dan QRIS.

PRS 2023 ini akan berlangsung dua hari yakni mulai hari ini, 19 Agustus 2023 hingga 20 Agustus 2023 dan digelar di lapangan parkir Stadion Mandala Krida Yogyakarta.

Singgih Raharjo pun menyambut baik acara tersebut, menurutnya dengan adanya PRS 2023 dapat meningkatkan literasi keuangan digital masyarakat.

Selain itu, lanjutnya, gelaran ini juga sebagai ajang untuk mempromosikan potensi dan inovasi dari para pelaku UMKM, serta memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman.

"PRS ini sebagai ajang pemberdayaan para pelaku UMKM di Kota Yogya melalui pasar UMKM-nya," tandasnya.

Orang nomor satu di Kota Yogya ini menegaskan akan terus berupaya untuk membawa UMKM di Kota Yogya maju dan berkembang melalui berbagai program.

"Para pelaku UMKM ini harus bisa melihat potensi besar di pasar, agar suatu saat mereka bisa mendirikan outlet sendiri di beberapa daerah lain. Kami akan terus berupaya membawa dan memasarkan produk UMKM diberbagai kegiatan," ujarnya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo bersama jajaran dari BRI 

(Persero) Tbk usai melepas pawai Pesta Rakyat Simpedes (PRS), Sabtu (19/8/2023).

Sementara itu Direktur Mikro Bisnis BRI, Supari mengatakan PRS menjadi bentuk komitmen BRI untuk terus mendukung pertumbuhan dan peluang bisnis bagi UMKM, terutama UMKM di Kota Yogya.

"Acara ini juga bertujuan untuk memperkenalkan QRIS BRI kepada masyarakat sebagai bagian dari upaya edukasi mengenai digitalisasi keuangan," ujarnya.

Supari berharap kepada para pengunjung agar dapat menggunakan pembayaran secara digital seperti BRImo atau menggunakan QRIS BRI. "Sehingga UMKM dapat melebarkan pertumbuhan bisnis mereka," ujarnya. (Han)