Manfaatkan Kader GISA untuk Tertib Adminduk Warga Yogya

Gondokusuman-Puluhan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) Kota Yogya mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogya.

Dengan adanya Bimtek tersebut diharapkan para kader dapat lebih menggerakkan masyarakat untuk sadar dengan kepemilikan dokumen adminduk dan memberikan kesadaran masyarakat untuk mengupdate data adminduk mereka.

Kepala Dindukcapil Kota Yogyakarta, Septi Sri Rejeki mengatakan dalam bimtek tersebut puluhan kader ini dibekali berbagai materi seperti pengetahuan tentang persyaratan, tata cara, dan prosedur pelayanan adminduk.

"Kader Gisa ini adalah personil yang ditunjuk oleh kelurahan untuk membantu masyarakat dalam pengurusan dokumen adminduk. Mereka juga menjadi pelopor masyarakat untuk tertib adminduk. Jadi mereka harus paham betul tentang adminduk," katanya di Hotel New Saphir, Selasa (22/8/2023). 

Ia mengungkapkan keberadaan kader GISA telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dalam ikut membantu menolong serta memberikan informasi bagi pengurusan berbagai dokumen kependudukan. 

"Kader GISA bisa dimintai bantuan untuk mengurus berbagai dokumen adminduk. Bantuan dari para kader ini sifatnya gratis. Tidak dipungut biaya apapun," jelasnya.

Sementara itu, mewakili Penjabat Wali Kota, Pelaksana tugas Asisten Umum Kota Yogya, Wasesa menyambut baik acara tersebut. Menurutnya keberadaan kader GISA adalah sebuah terobosan dimana mereka menjadi mitra Dindukcapil dalam mewujudkan tertib adminduk.

"Untuk itu kader GISA Kota Yogya perlu meningkatkan kapasitasnya agar semakin paham tentang adminduk, sehingga akan memudahkan kader GISA dalam melaksanakan tugasnya di lapangan," katanya.

Pihaknya menandaskan pentingnya tertib dokumen adminduk bagi masyarakat. Karena hal tersebut juga bertujuan untuk memenuhi hak administratif setiap penduduk dalam pelayanan publik tanpa diskriminasi.

"Selain itu juga untuk memberikan keabsahan identitas dan kepastian hukum dari setiap penduduk," jelasnya.

Mengingat vitalnya peran para kader tersebut, Wasesa berharap para peserta mengikuti bimtek tersebut dengan baik agar dapat membantu memberikan pelayanan adminduk untuk warga Kota Yogya. (Han)