Kemenkominfo Dorong Telekomunikasi Nyaman dengan Frekuensi Aman

Jetis-Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Dirjen PPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menggelar sosialisasi dan FGD Tertib penyelenggaraan telekomunikasi. 

Dirjen PPI KemKominfo RI, Wayan Toni Supriyanto dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan penyelenggaraan telekomunikasi khususnya akses internet.

"FGD ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang ketentuan penyelenggaraan jasa telekomunikasi, khususnya akses internet bagi masyarakat," katanya di Hotel Tentrem, Rabu (23/8/2023).

Dalam FGD, lanjutnya, membahas bagaimana cara mengatur penyelenggaraan telekomunikasi khususnya akses internet.

"Melalui FGD ini akan dicari solusi agar penggunaan telekomunikasi aman dengan menggunakan frekuensi yang tentunya juga aman," ungkapnya.

Data dari KemKominfo RI menunjukkan pengguna internet tahun 2023 mengalami kenaikan, dari 210 juta pengguna ditahun 2022 menjadi 215 juta pengguna.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogya, Ignatius Trihastono Saat memberikan sambutan pada acara 

sosialisasi dan FGD Tertib penyelenggaraan telekomunikasi di Hotel Tentrem, Rabu (23/8/2023)

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogya, Ignatius Trihastono mengungkapkan teknologi telekomunikasi dewasa ini menjadi pendukung kebutuhan pokok masyarakat.

"Contohnya adalah akses internet, namun seringkali terkait akses ini penataan kabel-kabel fiber optiknya kerap bertubrukan dengan estetika kota," katanya.

Menyikapi hal tersebut Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya berupaya menempuh penanganan lewat pemindahan dan penyederhanaan kabel fiber optik di Kota Yogya.

"Beberapa titik di Kota Yogya telah dilakukan penyerdehanaan kabel fiber optik, salah satunya dengan skema ducting atau penataan dan pemindahan kabel fiber optik menuju bawah tanah," bebernya.

Beberapa titik tersebut diantaranya adalah Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Sudirman, Jalan Suroto, Jalan Sultan Agung, hingga Jalan Malioboro.

"Jalan-jalan ini mempunyai peranan strategis di sektor pariwisata sebagai penopang Malioboro," jelasnya.

Trihastono berharap dengan penataan kabel fiber optik ini dapat mempercantik wajah Kota Yogya sehingga akan meningkatkan geliat pariwisata di kota pelajar ini. (Han)