PESERTA WORKSHOP KEMENTERIAN PU  KUNJUNGI HUMAS


Sebanyak 30 Peserta workshop  Peningkatan Kinerja Reformasi Bidang Transparansi ,Partisipasi, dan Akuntabilitas  Penanganan Keluhan dan Diseminasi Informasi Publik melakukan kunjungan lapangan ke Pemerintah Kota Yogyakarta  khususnya di instansi Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) dan Bagian Tehnologi Informasi dan Telematika (TIT) Kedatangan para peserta diterima oleh Kepala Bagian Humas dan Informasi Kota Yogyakarta, Drs. Yunianto Dwisutono dan Kepala Sub Bagian  Pengaduan Informasi dan Keluhan (PIK)  Drs. Nurpireno Yulianto, di Aula Humas dan Informasi,  Selasa, ( 22/11). 

Workshop yang diselenggarakan selama dua hari (21 dan 22 November 2011)  ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal  Cipta Karya  Kementerian Pekerjaan Umum  Republik Indonesia (PU) bekerja sama dengan USDRP-IBRD. Peserta Workshop terdiri dari Pejabat eselon III dan IV untuk penanganan keluhan, Pejabat eselon III dan  IV yang bertanggung jawab dalam pengeleolaan website serta staf penanganan website.

Ketua rombongan  workshop E. Kana Catur yang juga menjabat ketua PLH Central Project Management Unit (CPMU) USDRP menjelaskan Kedatangan mereka ke Pemerintah Kota Yogyakarta khususnya Bagian Humas dan TIT untuk mengetahui pengelolaan penanganan   keluhan, mekanisme penanganan dan kesiapan Sumber Daya manusia (SDM)  yang ada di kedua  SKPD  ini dalam mengelolah dan mengoperasikan tehnologi informasi yang dimiliki. 
Ditambahkan, kegiatan workshop ini bermaksud  memperkuat kapasitas staf Pemda dan Kabupaten peserta USDRP dalam rangka pengelolaan website Pemda dan penanganan keluhan masyarakat.  "Harapannya, setelah workshop ini nantinya para peserta dapat memahami dan melaksanakan metode, mekanisme dan prosedur diseminasi informasi publik melalui website yang dikelola oleh masing-masing Pemda," ujar Kana Catur.

Dijelaskan pula,   peserta  workshop berasal dari 10 Kabupaten dan Kota se-Indonesia yang menjadi peserta USDRP yakni  Banda Aceh, Sawalunto, Cimahi, Palangkaraya, Palopo, Pare pare, Sidenreng Rappang, Barru, Morowali, dan Parigi Mausong.

Usai mendapatkan penjelasan,  peserta  diajak untuk melihat-lihat bagaimana proses operasional Unit Pelayanan Informasi dan Keluhan serta  pembuatan dan peng-upload-an berita di website Pemerintah Kota Yogyakarta, www.jogjakota.go.id. (@mix)