PESERTA WORKSHOP KEMENTERIAN PU KUNJUNGI HUMAS
Sebanyak 30 Peserta workshop Peningkatan Kinerja Reformasi Bidang Transparansi ,Partisipasi, dan Akuntabilitas Penanganan Keluhan dan Diseminasi Informasi Publik melakukan kunjungan lapangan ke Pemerintah Kota Yogyakarta khususnya di instansi Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) dan Bagian Tehnologi Informasi dan Telematika (TIT) Kedatangan para peserta diterima oleh Kepala Bagian Humas dan Informasi Kota Yogyakarta, Drs. Yunianto Dwisutono dan Kepala Sub Bagian Pengaduan Informasi dan Keluhan (PIK) Drs. Nurpireno Yulianto, di Aula Humas dan Informasi, Selasa, ( 22/11).
Workshop yang diselenggarakan selama dua hari (21 dan 22 November 2011) ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia (PU) bekerja sama dengan USDRP-IBRD. Peserta Workshop terdiri dari Pejabat eselon III dan IV untuk penanganan keluhan, Pejabat eselon III dan IV yang bertanggung jawab dalam pengeleolaan website serta staf penanganan website.
Ketua rombongan workshop E. Kana Catur yang juga menjabat ketua PLH Central Project Management Unit (CPMU) USDRP menjelaskan Kedatangan mereka ke Pemerintah Kota Yogyakarta khususnya Bagian Humas dan TIT untuk mengetahui pengelolaan penanganan keluhan, mekanisme penanganan dan kesiapan Sumber Daya manusia (SDM) yang ada di kedua SKPD ini dalam mengelolah dan mengoperasikan tehnologi informasi yang dimiliki.
Ditambahkan, kegiatan workshop ini bermaksud memperkuat kapasitas staf Pemda dan Kabupaten peserta USDRP dalam rangka pengelolaan website Pemda dan penanganan keluhan masyarakat. "Harapannya, setelah workshop ini nantinya para peserta dapat memahami dan melaksanakan metode, mekanisme dan prosedur diseminasi informasi publik melalui website yang dikelola oleh masing-masing Pemda," ujar Kana Catur.
Dijelaskan pula, peserta workshop berasal dari 10 Kabupaten dan Kota se-Indonesia yang menjadi peserta USDRP yakni Banda Aceh, Sawalunto, Cimahi, Palangkaraya, Palopo, Pare pare, Sidenreng Rappang, Barru, Morowali, dan Parigi Mausong.
Usai mendapatkan penjelasan, peserta diajak untuk melihat-lihat bagaimana proses operasional Unit Pelayanan Informasi dan Keluhan serta pembuatan dan peng-upload-an berita di website Pemerintah Kota Yogyakarta, www.jogjakota.go.id. (@mix)