Komitmen Pemkot Yogya Perkuat Branding Wisata Prawirotaman

Mergangsan - Proses mengangkat potensi wisata di Kota Yogyakarta berkaitan dengan memperkuat daya tarik dan branding. Inilah kenapa Pemkot Yogyakarta berkomitmen untuk terus mendorong pengembangan pariwisata berbasis wilayah. 

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya saat menjadi narasumber dalam Talk Show Festival Prawirotaman 2023, Jumat sore (25/8) di Rooftop Lantai 4 Pasar Prawirotaman.

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya saat Talk Show Festival Prawirotaman 2023, Jumat sore (25/8) di Rooftop Lantai 4 Pasar Prawirotaman.

Pihaknya mengatakan, Prawirotaman telah menjadi kawasan wisata yang memikat banyak turis mancanegara juga wisatawan dalam negeri. Dengan daya tarik lokal seperti kuliner hingga produk kreativitas warga dan anak-anak mudanya.

"Pemerintah Kota Yogyakarta memiliki komitmen untuk semakin memperkuat branding Prawirotaman sebagai kawasan wisata, agar dapat memberikan kontribusi yang besar pada kepentingan pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Simbolis penerbangan balon menuju Festival Prawirotaman 2023.

Upaya yang dilakukan, lanjut Aman, salah satunya melalui Festival Prawirotaman yang menjadi agenda tahunan, untuk memperkuat branding dengan menghadirkan pertunjukan seni budaya, hasil dari kreativitas dan kolaborasi anak-anak muda Kota Yogyakarta.

"Festival Prawirotaman sudah masuk tahun ketiga, ini menunjukkan keseriusan untuk mengembangkan potensi Prawirotaman, yang tiap tahunnya selalu ditunggu masyarakat secara umum juga para wisatawan," terangnya.

Karnaval di sepanjang Jalan Prawirotaman pada Festival Prawirotaman tahun 2022.

Selain itu, imbuh Aman, Pasar Prawirotaman juga menjadi ikon wisata yang sedang dikembangkan. Sebagai pasar rakyat dengan konsep modern, menawarkan wisata belanja, wisata kuliner, juga collaborative space sebagai tempat bertemunya anak-anak muda untuk menuangkan kreativitasnya. 

"Pasar Prawirotaman sudah bersertifikasi SNI, pasar rakyat yang bertransformasi lebih kekinian, terutama di lantai 4, pengunjung bisa menikmati beragam kuliner di rooftop dengan pemandangan sore Kota Yogyakarta, bahkan memanfaatkan layanan studio kreatif juga collaborative working space yang dikelola UPT Pusat Bisnis Dinas Perdagangan," jelasnya.

Suasana di food court rooftop lantai 4 Pasar Prawirotaman.

Sementara itu, salah satu tenant kuliner di lantai 4 Pasar Prawirotaman, Intan yang merupakan pemilik TFP Kopiwarung menceritakan, kehadiran food court rooftop tersebut menjadi daya tarik dalam memikat banyak orang untuk datang ke pasar rakyat.

"Ada sesuatu yang menjadi nilai tersendiri bagi tenant kuliner di sini, selain tempatnya bersih juga menawarkan pengalaman untuk bisa lebih dekat menikmati pasar rakyat. Terutama untuk anak-anak muda yang mungkin sudah mulai jarang pergi ke pasar, dengan adanya food court di lantai 4 Pasar Prawirotaman ini tentu bisa menarik anak-anak muda untuk datang dan belanja di pasar rakyat," ungkapnya. (Jul)