Saka Pariwisata Pengabdian untuk Layanan Wisata Yogya

 


 

Umbulharjo -  Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta, Heroe Purwadi melantik Majelis Pembimbing (Mabi) dan pengurus Satuan Karya (Saka) Pariwisata tingkat Cabang Yogyakarta periode 2023-2025 pada Sabtu, (26/8) di Ruang Bima Balai Kota Yogyakarta. Ketua pimpinan Mabi diisi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko.

 

Pelantikan 21 orang Pembina mabisaka dan pinsaka Pariwisata ini disaksikan langsung oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo. “Banyak kegiatan Saka Pariwisata Kota Yogyakarta yang kami tunggu, seperti dapat berpartisipasi dalam pengembangan pariwisata yang bertanggung jawab di Kota Yogya,” tutur Singgih.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo memberikan arahan kepada Saka Pariwisata Kota Yogyakarta

Saka pariwisata merupakan wadah pendidikan bagi anggota gerakan Pramuka untuk membantu, membina dan mengembangkan pariwisata yang ada di Kota Yogyakarta. Singgih berharap segera terlaksananya kegiatan dari Saka Pariwisata Kota Yogyakarta dan mengajak adik-adik tingkat penegak dan pandega yang memiliki minat di bidang pariwisata untuk bergabung.

 

“Saka Pariwisata Kota Yogyakarta ini sangat ditunggu-tunggu. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan salah satunya membantu para wisatawan di posko-posko wisata. Kemudian dari Dinas Pariwisata Kota Yogya dapat memberikan pelatihan-pelatihan tentang pariwisata di Kota Yogya, mungkin dari sisi guiding ataupun hospitality untuk membekali adik-adik dalam melayani wisatawan,” pesan Singgih.

 

Sementara itu, Heroe Purwadi menyampaikan selamat atas dilantiknya Mabi dan Pengurus Saka Pariwisata Kota Yogyakarta periode 2023-2025. Dengan adanya Saka Pariwisata dapat membantu dan mengembangkan terhadap pengabdian untuk pariwisata di Kota Yogyakarta.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Yogyakarta, Heroe Purwadi melantik Majelis Pembimbing (Mabi) dan pengurus Satuan Karya (Saka) Pariwisata tingkat Cabang Yogyakarta periode 2023-2025

 

“Kota Yogyakarta yang berbasis ekonomi kreatif, diharapkan nanti adik-adik Saka Pariwisata dapat bergabung dengan elemen-elemen wisata. Kita juga memiliki kampung pramuka yang kedepannya bisa melebur bersama kampung wisata di Kota Yogyakarta,” ungkapnya. (Chi)