Simulasi KTB Bangun Kesadaran dan Kesiapan Mitigasi Bencana

Umbulharjo - Setiap warga harus memiliki kesadaran soal mitigasi bencana, untuk membentuk kemampuan kesiapsiagaan bencana juga membangun kerja sama antar warga.

Hal itu dikatakan Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo, pada Minggu (27/8) setelah kukuhkan pengurus Kampung Tanggap Bencana (KTB) Tahunan, yang telah sukses lakukan simulasi mitigasi bencana gempa bersama para warga di Halaman SDN Tahunan.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo saat kunjungi simulasi tenda pengungsian bencana di Kampung Tahunan.

Pihaknya menyampaikan, kegiatan simulasi bencana tersebut dilakukan untuk membangun kesiapsiagaan bencana warga masyarakat, agar ketika ada bencana terjadi sudah mengetahui apa yang harus dilakukan.

“Simulasi ini tujuannya untuk membiasakan kerja sama dan koordinasi antara pengurus KTB dan warga, jadi semuanya harus siap. Supaya siap maka dilakukan simulasi bencana, jadi ketika terjadi sesuatu yang tentunya tidak kita inginkan, kita semua sudah siap,” tuturnya.

Simulasi evakuasi korban gempa di Kampung Tahunan.

Singgih juga berharap, setelah pengukuhan KTB Tahunan tersebut dapat terjalin komunikasi dan kolaborasi yang baik antar pengurus, warga dan berbagai pihak dalam mitigasi bencana di Kota Yogyakarta.

“Setelah simulasi bencana dan pengukuhan pengurus KTB Tahunan, harapannya gotong royong yang terjalin semakin kuat dan kompak. Sebab bencana bisa terjadi kapan saja, untuk itulah penting untuk kita semua paham soal mitigasi bencana,” harapnya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengukuhkan pengurus KTB Tahunan.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta Nur Hidayat mengatakan, hal terpenting dalam mitigasi bencana adalah membangun kepekaan dan kesadaran masyarakat. Dengan itu setiap orang dapat menyelamatkan dirinya juga membantu mengevakuasi yang lain.

“Pembentukan KTB ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah, untuk mengedukasi dan menyiapkan masyarakat dalam kesiapsiagaan bencana. Terutama soal koordinasi dan komunikasi dengan pihak terkait, supaya ketika terjadi bencana alur penanganannya jelas,” katanya. (Jul)

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo bersama pengurus KTB Tahunan.