Sambut HUT TNI AL, Gelar Aksi Bersih Sungai Code

Gondomanan-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya bersama Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta serta Polri dan warga setempat melakukan aksi Program Kali Bersih (Prokasih) Sungai Code yang berada di Kelurahan Prawirodirjan.

Ratusan personel ini memulai aksinya pada pukul 07:30 WIB menyasar pembersihan sampah dan rumput liar yang ada di bantaran sungai tersebut.

Komandan Lanal, Kolonel Laut (KH/W) Devi Erlita mengatakan kegiatan bersih sungai merupakan salah satu program dari TNI Angkatan Laut (AL) dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI AL.

"Kegiatan hari ini merupakan rangkaian HUT TNI ke-78 TNI AL. Jadi, sesuai arahan pimpinan, kita bersama-sama dengan seluruh warga maupun Pemda Setempat melaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia untuk melaksanakan program kali bersih," katanya di lokasi Selasa (5/9/2023).

Dipilihnya Sungai Code lantaran masih banyak sampah plastik yang ada di sungai tersebut. "Selama bersih sungai ini banyak ditemukan sampah plastik. Untuk personel yang terlibat sebanyak 250 orang," tandasnya.

Pihaknya menjelaskan tujuan dilibatkannya masyarakat dalam bersih sungai ini agar memunculkan kesadaran terhadap lingkungan, sehingga nantinya masyarakat bisa lebih menjaga kebersihan lingkungan.

"Siapa lagi yang akan menjaga lingkungan kita kalau bukan kita sendiri. Kenapa kami melibatkan warga, karena warga lah yang setiap hari berada di sini, mengontrol tempat ini. Kalau ada yang membuang sampah sembarangan, warga bisa mengingatkan," ujarnya.

Devi mengatakan akan terus berkomitmen membantu Pemkot Yogya dalam hal membersihkan sungai dari sampah karena menurutnya aliran sungai yang tercemar sampah juga berpotensi mencemari lautan.

"Sungai-sungai yang penuh dengan sampah nantinya juga akan sampai ke laut sehingga berpotensi mencemari lautan. Untuk itu, kita harus mencegah hal itu terjadi," bebernya.

Berkat kekompakan para personel dan warga setempat, area tersebut dalam waktu singkat telah nampak bersih dari sampah.

Ratusan personel yang terdiri dari Pemkot Yogya, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta, Polri, serta warga setempat melakukan aksi Prokasih Sungai Code yang berada di Kelurahan Prawirodirjan.

Sementara itu Penjabat Wali Kota Yogya Singgih Raharjo menyambut baik giat prokasih tersebut. Menurutnya aksi tersebut selain membantu pelestarian lingkungan juga dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

“Peran masyarakat sangat penting dalam memelihara lingkungan, terutama tidak membuang sampah di sungai," harapnya.

Orang nomor satu di Kota Yogya ini pun ikut turun dan terlibat dalam aksi membersihkan sungai yang membelah Kota pelajar ini.

Singgih menghimbau kepada masyarakat untuk bijak dalam mengolah sampah dan jangan membuang sampah di sungai.

“Sampah anorganik bisa kita reuse, reduce, recycle. Karena sungai bukanlah tempat sampah. Kita juga sudah membuka depo dan TPS dengan jam operasional lebih lama, jadi tidak ada alasan lagi bagi warga untuk membuang sampah di sungai,” tegasnya. (Han)