Rencanakan Target PORDA 2025 Semua Elemen Harus Terlibat

Umbulharjo – Peta jalan menuju Pekan Olahraga Daerah (PORDA) 2025 harus sudah disusun untuk menentukan skala prioritas, prestasi apa saja yang akan dicapai untuk menjadi tolak ukur keberhasilan kontingen Kota Yogyakarta.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya, dalam Workshop Peningkatan Kinerja Pengurus KONI Kota Yogyakarta, pada Senin (11/9) di Hotel HOM Timoho.

Menurutnya dalam menyusun perencanaan target PORDA 2025, harus diawali dengan identifikasi, menjalankan peran sesuai tugas pokok dan fungsi, serta menjalin interaksi juga kolaborasi dengan tiap elemen yang terlibat.

“Peta jalannya sudah harus disusun, untuk nantinya dilakukan identifikasi dan memperhitungkan mana cabang olahraga atau cabor yang potensial untuk prestasi, dan mana cabor yang masih dalam tahap pembinaan. Tentu ini diperlukan kolaborasi tiap elemen dalam satu ekosistem, baik dari KONI juga pemerintah dan pihak lain, untuk mencapai satu tujuan dan target yang sama,” jelasnya.

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya.

Aman juga mengatakan, dalam pembinaan olahraga sebagai kebijakan yang besar, menjadi bagian yang tidak bisa lepas dari pemerintah, karena hal itu merupakan kebutuhan masyarakat luas. Untuk itu diperlukan strategi untuk pengembangannya.

“Strateginya mengacu pada dua konsep, yaitu pengembangan olahraga dalam masyarakat, sejauh mana bisa menyentuh dan masuk ke dalam ruang-ruang massal Masyarakat dalam segala lapisan dan territorial. Kemudian setelah itu strategi bagaimana pembinaan prestasi olahraga, dapat berjalan optimal,” ujarnya.

Sekretaris Umum KONI Kota Yogyakarta Iriantoko Cahyo Dumadi.

Sementara itu Sekretaris Umum KONI Kota Yogyakarta Iriantoko Cahyo Dumadi mengatakan, KONI memiliki komitmen menjadi organisasi yang solid dan berprestasi, untuk mendorong semua cabang olahraga yang tergabung.

“Memetakan mana cabor dan atlet yang potensial membawa prestasi untuk Kota Yogyakarta, menjadi prioritas kami kaitannya nanti dalam membuat formulasi target di PORDA 2025. Supaya 48 cabor yang tergabung arah kebijakannya jelas, untuk menentukan target dan bagaimana strategi pencapaiannya,” katanya. (Jul)

Sesi diskusi dalam Workshop Peningkatan Kinerja Pengurus KONI Kota Yogyakarta.