Harhubnas Momentum Edukasi Tertib Lalu Lintas Sejak Dini   

UMBULHARJO- Menjelang Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) pada 17 September, menjadi momentum bagi Pemerintah Kota Yogyakarta untuk mengedukasi masyarakat tertib berlalu lintas. Salah satunya edukasi keselamatan lalu lintas bagi anak-anak TK di Taman Edukasi Keselamatan Lalu Lintas Yogyakarta di kompleks Terminal Giwangan pada Selasa (12/9/2023). Melalui edukasi itu diharapkan anak-anak tumbuh menjadi generasi tertib berlalu lintas untuk keselamatan bersama.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo mengapresiasi kegiatan edukasi keselamatan lalu lintas sejak dini yang diadakan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta. Singgih mengatakan dalam rangkaian Harhubnas, anak-anak TK di Kota Yogyakarta memanfaatkan kegiatan edukasi lalu lintas di Taman Edukasi Keselamatan Lalu Lintas.  Masyarakat seperti sekolah dapat memanfaatkan Taman Edukasi Keselamatan Lalu Lintas Yogyakarta, secara gratis.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengarahkan anak-anak memahami lampu APILL saat praktik edukasi keselamatan lalu lintas. 

“Ini adalah komitmen dari Pemkot Yogyakarta untuk mengedukasi mulai dari anak-anak dan nantinya tumbuh generasi yang tertib lalu lintas untuk keselamatan,” kata Singgih ditemui saat edukasi keselamatan lalu lintas.

Menurutnya Taman Edukasi Keselamatan Lalu Lintas adalah satu ruang terbuka hijau publik yang istimewa karena dilengkapi dengan sarana rambu lalu lintas untuk edukasi keselamatan berlalu lintas. Anak-anak bisa mempraktikan langsung keselamatan berlalu lintas seperti menggunakan helm dan berkendara dengan mematuhi marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas. Tempat itu dinilai sangat baik untuk menanamkan kedisiplinan dan ketertiban lalu lintas guna keselamatan bersama.

Singgih memakaikan helm kepada salah satu siswi TK dalam edukasi keselamatan berlalu lintas. 

“Sarananya sangat lengkap. Maka saya ingin mengajak kepada masyarakat khususnya dari mulai TK, SD dan SMP bisa menggunakan wahana ini untuk mengenalkan rambu-rambu lalu lintas dan tertib lalu lintas untuk keselamatan bersama,” ucap Singgih.

Dalam kegiatan itu anak-anak TK mendapatkan edukasi rambu-rambu lalu lintas antara lain dilarang parkir, dilarang berhenti, larangan kendaraan mobil lewat dan lainya. Anak-anak juga dikenalkan tentang warna-warna lampu pada Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) seperti merah kendaraan harus berhenti, kuning hati-hati dan hijau kendaraan boleh berjalan. Lalu anak-anak melakukan praktik berkendara dengan sarana sepeda, mobil listrik dan otoped yang dipandu petugas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta di Taman Edukasi Keselamatan Lintas.

Anak-anak TK mendapat edukasi terkait rambu-rambu lalu lintas. 

“Di Harhubnas ini kita mengadakan bagaimana mengedukasi masyarakat khususnya anak-anak. Acara ini (edukasi keselamatan lalu lintas) rangkaian harhubnas sekaligus pekan keselamatan lalu lintas,” tambah Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif Nugroho.

Dia menyatakan edukasi keselamatan berlalu lintas dilakukan sejak dini atau anak karena pada usia emas sehingga diharapkan tertanam sampai dewasa. Taman Edukasi Keselamatan Lalu Lintas Yogyakarta itu hampir setiap hari menerima kunjungan dari anak-anak TK dan SD di Kota Yogyakarta. Fasilitas taman berupa wahana lalu lintas jalan yang dilengkapi marka, rambu-rambu dan APILL serta sepeda kayuh, mobil listrik dan otoped.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Agus Arif Nugroho saat menyampaikan terkait edukasi keselamatan lalu lintas. 

Beberapa kegiatan diadakan untuk memperingati Harhubnas tahun 2023 di Kota Yogyakarta antara lain kegiatan olahraga sepakbola, kerja bakti membersihkan rambu dan bakti sosial dan pekan keselamatan lalu lintas dengan edukasi bagi anak TK, pembagian brosur atau buku keselamatan serta pendataan dan pembinaan becak kayuh.

Diharapkan pekan keselamatan lalu lintas itu dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang etika dan disiplin berlalu lintas dan mewujudkan Kota Yogyakarta sebagai kota transportasi yang aman dan berkeselamatan. Hal itu sesuai slogan Harhubnas 2023  Terus melaju untuk transportasi maju.(Tri)

Singgih bersama jajaran Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dan anak-anak TK mengucapkan selamat Hari Perhubungan Nasional  tahun 2023.