Tiga Perangkat Daerah Raih Penghargaan Kearsipan Terbaik

Umbulharjo - Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya menyerahkan piagam penghargaan kepada tiga perangkat daerah terbaik atas prestasinya dalam mengelola kearsipan internal di Pemerintah Kota Yogyakarta, Selasa (12/9) di Grha Pandawa Balaikota Yogyakarta.

Penilaian ini berdasarkan pengawasan kearsipan internal yang telah dilaksanakan sejak bulan Februari 2023 terhadap 50 perangkat daerah / unit kerja di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta.
Dari hasil pengawasan, penghargaan diberikan kepada tiga perangkat daerah terbaik diantaranya yang pertama Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta dengan nilai 90,6.

Selanjutnya yang kedua, dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta dengan nilai 90,5 dan ketiga Inspektorat Kota Yogyakarta dengan nilai 86,0. Harapannya dengan adanya ini dapat mewujudkan pengelolaan arsip yang efektif dan efisien.

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengucapkan, terima kasih atas kerja keras dalam pengelolaan kearsipan bagi perangkat kerja / unit kerja di Pemerintah Kota Yogyakarta.
Aman berharap, penghargaan ini dapat menjadi acuan semangat untuk terus memberikan yang terbaik bagi Kota Yogyakarta. 

Selain itu, Aman juga mengungkapkan untuk perangkat kerja / unit kerja terus mengelola kearsipan sebagai dokumentasi yang sewaktu-waktu diperlukan selalu tersedia.

“Sangat luar biasa, bahwa salah satu aspek penting dalam arsip adalah perlindungan dokumentasi, ini merupakan tanggung jawab perangkat kerja / unit kerja untuk sadar dan selalu menyimpan kearsipan dokumentasi agar tetap aman,”ujarnya.

Sekda Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya memberikan penghargaan bagi tiga peringkat terbaik pengelolaan kearsipan di Pemkot Yogyakarta.

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan Penyelamatan Pembinaan Data dan Sistem Informasi Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Gatot Sudarmono mengatakan, penerima penghargaan diberikan hadiah berupa lap estop untuk menunjang kinerja terutama dalam pengelolaan kearsipan yang dinamis.

Ia mengapresiasi kinerja perangkat kerja / unit kerja, sebab untuk tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Dimana rata-rata mendapatkan nilai yang sangat baik bahkan memuaskan.
“Saya berharap, ke depannya semua perangkat kerja/unit kerja secara menyeluruh menyediakan record senter dan segera melakukan pemusnahan / penyusutan. Sehingga dalam pengelolaan kearsipan internal di Pemerintah Kota Yogyakarta berjalan maksimal,”jelasnya. (Hes)