Jadikan Yogya Kota dengan Transportasi Aman dan Berkeselamatan

Umbulharjo – Upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke-53 digelar di lapangan Kompleks Balaikota Yogyakarta Senjn (18/9) pagi, dipimpin Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo sebagai inspektur upacara, diikuti ASN dan pegawai Pemerintah Kota Yogyakarta. 

Dalam amanatnya Singgih menyampaikan, peringatan Harhubnas dengan tema Melaju untuk Transportasi Maju relevan dengan misi Indonesia Emas 2045, di mana ASN dituntut untuk terus melakukan perbaikan, mengakselerasi pembangunan dan meningkatkan pelayanan. Sebasektor perhubungan memiliki peran strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peranan transportasi sebagai penghubung berjalannya kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan serta keamanan. Untuk itu kita semua bergerak bersama secara konsisten dalam kerja nyata, melakukan transformasi dan inovasi pada sektor transportasi," katanya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo sebagai inspektur Upacara Peringatan Harhubnas. 

Pihaknya juga menyampaikan, pemerintah mendorong seluruh stakeholders transportasi, agar dapat terus bekerjasama mendorong pemanfaatan infrastruktur transportasi yang telah dibangun sehingga berdampak pada pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Di tengah pencapaian baik sektor transportasi, masih banyak hal yang harus dibenahi, seperti peningkatkan konektivitas, integrasi antar moda, meningkatkan pengetahuan dan kedisiplinan berlalu lintas, untuk mewujudkan Yogyakarta sebagai Kota dengan transportasi yang aman dan berkeselamatan," tuturnya.

Upacara Peringatan Harhubnas di Lapangan Kompleks Balaikota Yogyakarta (18/7/2023). 

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif Nugroho mengatakan, Harhubnas di lingkup Pemkot Yogyakarta diperingati dengan beberapa kegiatan seperti bakti sosial, edukasi sadar lalu lintas bagi anak usia dini dan orang tua, serta bekerja sama dengan pihak Kepolisian melakukan uji emisi kendaraan bermotor. 

"Harapan kami tentunya kesadaran masyarakat perihal uji emisi kendaraan terus meningkat, ini bagian dari menjaga kelestarian lingkungan, dan lebih patuh juga disiplin dalam berlalulintas untuk keselamatan pribadi juga pengguna jalan lain," ujarnya setelah ditemui usai Upacara Harhubnas. (Jul)