Kolaborasi Kesbangpol Yogya- Binda DIY- BPJS Ketenagakerjaan Bantu Eks Napiter   

PAKUALAMAN- Pemerintah Kota Yogyakarta berkomitmen menciptakan kondisi kondusif, tertib dan aman di masyarakat. Terutama mencegah eks narapidana terorisme (napiter) terkontaminasi kembali. Salah satunya melalui kolaborasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Yogyakarta bersama Badan Intelijen Nasional Daerah (Binda) DIY dan BPJS Ketenagakerjaan DIY memberikan bantuan usaha kepada eks napiter.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta Budi Santosa mengucapkan terima kasih atas kolaborasi dari berbagai unsur dalam kegiatan tersebut. Menurutnya berbagai hal harus disinergikan untuk mendukung kondisi kondusif di masyarakat. Salah satunya dengan pemberdayaan eks napiter.

Plt Kepala Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta Budi Santosa memberikan pernyataan saat penyerahan bantuan kepada eks napiter.

“Ini merupakan kolaborasi bahwa dalam upaya kondusifitas keamanan dan ketertiban  dan stabilitas daerah, banyak yang harus dilakukan. Salah satunya Binda DIY menggagas kolaborasi untuk pemberdayaan eks napiter,” kata Budi saat penyerahan bantuan usaha kepada eks napiter di Kantor Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta,  Jumat (22/9/2023).

Budi berharap dengan pemberian bantuan itu eks napiter bisa hidup lebih baik. Terutama menegaskan yang dilakukan eks napiter sekarang untuk kepentingan bangsa, negara dan masyarakat sehingga bisa berjalan baik. Pada kesempatan itu Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta memberikan papan poster Pancasila dan jam dinding bergambar Garuda Pancasila kepada eks napiter. Hal itu sebagai simbol untuk terus memupuk rasa nasionalisme.

Budi memberikan papan poster Pancasila dan jam dinding berlogo Garuda Pancasila kepada eks napiter.

“Ini merupakan salah satu pemberdayaan empati kita untuk eks napiter bagaimana bahwa ke depan akan lebih baik lagi. Harapannya semua pihak bisa bersama-sama bahu membahu untuk kepentingan bangsa dan negara,” paparnya.

Bantuan diberikan kepada satu orang eks napiter berupa sarana usaha yakni lemari pendingin dan uang untuk modal usaha. Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan DIY memberikan fasilitas jaminan kecelakaan kerja dan kematian selama 6 bulan kepada eks napiter. Dalam kolaborasi itu Kesbangpol Kota Yogyakarta memfasilitasi kegiatan penyerahan bantuan kepada eks napiter.

Sementara itu Perwakilan Binda DIY, Wahyu WM mengatakan Binda berupaya untuk bersama-sama memantau dan mengawasi eks napiter dahulu. Menurutnya eks napiter ada kerentanan untuk kembali terkontaminasi radikalisme. Mengingat berkaitan dengan ideologi sehingga harus ditanamkan dengan Pancasila dan membantu kembali hidup di masyarakat. Pihaknya mengakui masih menemukan eks naspiter ada rasa distigma negatif di masyarakat. Oleh sebab itu Binda DIY berkolaborasi untuk membantu meningkatkan taraf hidup eks napiter dan tidak terkontaminasi kembali menjadi radikalisme.

Perwakilan Binda DIY (dua dari kanan) menyerahkan bantuan untuk usaha kepada eks napiter dan fasilitasi jaminan kecelakaan kerja dan santuan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan DIY. 

“Tidak semua eks napiter kita bantu. Kita lakukan pemetaan dahulu. Beliau mempunyai keinginan untuk maju dan berusaha. Warga masyarakat KTP DIY dan sudah menandatangani surat (bukti pernyataan kembali) NKRI. Oleh karenanya kita memilih dia karena punya keinginan maju dan kembali ke masyarakat,” jelas Wahyu.

Sedangkan eks napiter yang menerima bantuan Agus Melasi (41) menyampaikan terima kasih atas bantuan usaha tersebut. Agus yang tinggal di wilayah Kelurahan Keparakan itu selama ini memenuhi kebutuhan keluarganya dengan berjualan es. Namun usaha itu belum lancar sehingga dia akan beralih berjualan sayur di dekat rumah. 

“Dengan bantuan ini mau coba jualan sayur di dekat rumah. Butuh freezer untuk menyimpan kalau sayur-sayuran tidak laku. Semoga bisa lancar mohon doanya,” ujar Agus.  

Dia divonis menjalani hukum penjara tindak pidana terorisme selama 3,5 tahun dan selesai menjalani hukumnya pada tahun 2021. Diakuinya selama ini masih ada beberapa orang yang beranggapan buruk pada eks napiter. Tapi ada juga yang baik karena dirinya berusaha untuk berbaur atau bermasyarakat sehingga cepat memberikan pemahaman bahwa dirinya sudah tidak seperti dulu.(Tri)