Angkat Keunikan Kampung Jadi Destinasi Wisata

Mantrijeron-Dinas Pariwisata (Dinpar) Kota Yogya kembali menggelar Festival Kampung Wisata pada Jumat (22/9/2023). Festival yang di gelar ke lima kalinya ini diselenggarakan di Jalan D.I Panjaitan, Mantrijeron.

Kepala Dinpar Kota Yogya, Wahyu Hendratmoko mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan hiburan serta mempromosikan Kampung Wisata yang ada di Kota Yogya.

"Festival Kampung Wisata tahun ini dilaksanakan sebanyak 6 kali. Untuk  festival yang ke 5 ini diikuti oleh 4 kampung wisata yakni Kampung Wisata Pandeyan, Sura Amerta, Tahunan, dan Warungboto," bebernya.

Berbagai potensi dari ke 4 kampung wisata ini di tampilan dalam acara tersebut. Mereka satu per satu menyuguhkan atraksi seni dan budaya, mulai dari tari-tarian, pentas musik, serta Pameran UMKM, dan Kuliner.

Wahyu berharap dengan adanya festival tersebut dapat menunjukkan eksistensi aktivitas pariwisata di kampung wisata Kota Yogya.

"Serta untuk meningkatkan lama tinggal wisatawan yang berkunjung di Kota Yogyakarta," imbuhnya.

Sebagai informasi sepanjang tahun 2022 tercatat ada 7,4 juta pengunjung yang datang ke Kota Yogya, baik wisatawan lokal maupun dari mancanegara. Sedangkan rata-rata lama masa tinggal wisatawan adalah selama 1,7 hari dan rata-rata belanja para turis tersebut adalah sebesar Rp1,97 juta. 

Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya saat membuka Festival Kampung Wisata ke-5 yang digelar di Jalan D.I.Panjaitan

Sementara itu Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya sangat mengapresiasi dan menyambut baik acara ini. Menurutnya acara tersebut tidak hanya menjadi ajang untuk mempromosikan keindahan kampung wisata, tetapi juga sebagai momen untuk mengingatkan tentang warisan budaya dan potensi kampung.

"Potensi pendapatan dari wisatawan inilah yang merupakan peluang emas yang wajib ditangkap dan dikelola dengan baik oleh segenap pelaku kampung wisata," bebernya.

Aman menjelaskan di Kota Yogya hingga saat ini telah ada 23 kampung yang ditetapkan sebagai kampung wisata. Untuk itu, lanjutnya, jika kampung wisata tersebut dikelola dengan baik dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sekitarnya.

"Melalui Festival Kampung Wisata, kita memiliki kesempatan untuk mengangkat keunikan dan potensi tiap kampung, menjadikannya destinasi yang tak hanya menarik bagi wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan mancanegara," tandasnya.(Han)