97 Pelajar Yogya Terima Bantuan L-OTA

Umbulharjo - 97 Siswa-siswi SD, SMP dan SMK Kota Yogyakarta terima bantuan dana pendidikan total sebesar Rp 27.480.000 dari Lembaga Orang Tua Asuh (L-OTA) DIY pada Rabu (27/9) di Aula Gedung DPR DIY.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono menyampaikan apresiasi kepada para donatur, yang mendukung L-OTA DIY dalam memberikan bantuan dana pendidikan tersebut. Mulai dari Bank BPD DIY, PT Sari Husada Generasi Mahardika (SGM), Pamella Supermarket, Manna Kampus (PT. Mirota Nayan), PT Madu Baru PG-PS Madukismo, Bimbingan Belajar Neutron Yogyakarta, dan PT Ramai Putra Sejahtera.

"Terima kasih kepada para donatur yang telah memberikan dukungan juga bantuan dana pendidikan, ini menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dan seluruh stakeholder untuk mempertahankan Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan, dan mastikan setiap anak di Kota Yogyakarta memiliki akses yang adil dan setara terhadap pendidikan yang berkualitas. Harapannya bantuan ini dapat mengurangi beban ekonomi dan digunakan dengan bijak," ujarnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono.

Pihaknya mengatakan, setiap anak di Kota Yogya memiliki potensi yang besar, untuk itu banyak pihak yang harus memberikan mereka dukungan dalam mengembangkan potensinya, sebab pendidikan adalah tanggung jawab kita bersama, sebagai pemerintah dan korporasi yang peduli terhadap masa depan anak-anak.

"Pada kondisi tertentu tidak semua anak memiliki kesempatan yang sama meraih masa depan, melalui pendidikan yang layak disebabkan ketidakmampuan secara ekonomi atau dengan segala permasalahannya. Sehingga diperlukan sense of crisis semua pihak, untuk mau bekerja sama dengan semangat kegotongroyongan, mempersiapkan masa depan anak-anak melalui perluasan kesempatan bersekolah," jelasnya.

Penyerahan bantuan dana pendidikan L-OTA DIY secara simbolis kepada pelajar Kota Yogyakarta.

Sejalan dengan itu Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogyakarta, Erna Nur Setyaningsih mengatakan, bantuan dana pendidikan diberikan kepada 67 siswa SD dari 18 sekolah, 25 siswa SMP dari 7 sekolah dan 5 siswa SMK dari 1 sekolah.

"Bagi siswa SD masing-masing mendapat bantuan dana pendidikan sebesar Rp 240.000, siswa SMP Rp 360.000 dan siswa SMK Rp 480.000, dengan harapan bisa digunakan secara bijak dan bermanfaat untuk mendukung proses belajar para siswa-siswi," katanya.

Sementara itu Perwakilan L-OTA DIY Masamah mengungkapkan, pemberian bantuan dana pendidikan tersebut sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan sosial para siswa-siswi di Kota Yogyakarta.

"Kegiatan ini sejalan dengan tujuan L-OTA DIY yang berfokus pada bantuan pendidikan bagi anak sekolah dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah kejuruan. Harapannya bisa memberikan manfaat, tidak hanya dilihat dari berapa nominalnya, dan dapat berkelanjutan makin banyak siswa-siswi yang diberikan bantuan," ungkapnya. (Jul)