Seman Widjojo Cup Rebutkan Hadiah Total Rp 50 Juta

Mantrijeron-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menjadi tuan rumah dalam acara Invitasi Seman Widjojo Cup XX Tahun 2023. Pembukaan turnamen inj ditandai dengan pemukulan bola tenis oleh Penjabat Walikota Yogya.

Sebagai infomasi Seman Widjojo Cup adalah sebuah kejuaraan tenis lapangan yang diadakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Nama Seman Widjojo dipilih sebagai penghormatan atas salah satu tokoh penting dalam dunia tenis Indonesia. Beliau adalah seorang legenda tenis yang berkontribusi besar dalam mengembangkan olahraga tenis di Indonesia. 

Dengan memberikan nama turnamen ini, Kemendagri juga menginginkan agar semangat Seman Widjojo dalam bermain tenis, yang mencakup semangat persahabatan dan persaudaraan, dapat diwariskan kepada para ASN.

Sekretaris Dewan Pengurus Korpri Kota Yogya, Dedi Budiono mengatakan tujuan digelarnya acara tersebut adalah untuk mempererat silaturahmi antar anggota Korpri se-Indonesia.

"Sehingga dapat terbangun kerjasama sirkular yang berujung pada kemajuan dan kesejahteraan masing-masing daerah. Selain itu juga untuk meningkatkan produktifitas dan profesionalitas anggota Korpri serta menumbuhkan kebugaran jasmani," bebernya di Hotel Alana, Rabu (27/9/2029).

Seman Widjojo Cup kali ini akan digelar di 2 tempat yakni di lapangan tenis Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Uneversitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan lapangan tenis Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dan diikuti oleh 233 atlet dan official yang terbagi dalam 28 regu/kontingen. 28 Regu yang bertanding tersebut terdiri dari 5 kementerian/Lembaga, 6 Provinsi, dan 12 Kabupaten/Kota.

"Ada 3 kementerian dan 2 provinsi yang mengirimkan 2 regu. Untuk kategori pertandingan di bagi menjadi 3 yakni partai ganda eksekutif, partai ganda KU, 100 dan partai ganda campuran," bebernya.

Bagi pemenang pertandingan juga akan mendapatkan hadiah berupa medali dan uang pembinaan dengan total hadiah Rp 50.000.000.

Kategori beregu juara I akan mendapatkan medali emas dan uang pembinaan sebesar Rp15.000.000. Juara II akan mendapatkan medali perak dan uang pembinaan sebesar Rp10.000.000. Sedangkan juara III mendapatkan medali perunggu dan uang pembinaan sebesar Rp7.500.000.

Sedangkan untuk kategori perorangan juara I akan mendapatkan medali emas dan uang pembinaan sebesar Rp5.000.000. Juara II mendapatkan medali perak dan uang pembinaan sebesar Rp3.000.000, dan juara III mendapatkan medali perunggu dan uang pembinaan sebesar Rp2.000.000.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo saat membuka Invitasi Seman Widjojo Cup XX Tahun 2023

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo menyambut baik gelaran tersbut. Ia berharap melalui invitasi Seman Widjojo Cup dapat terjadi interaksi yang intensif di antara sesama kontingen sehingga dapat terbangun suasana keakraban serta saling bertukar pikiran untuk memajukan pembangunan di daerahnya masing-masing.

"Kegiatan ini kiranya bukan hanya sekadar ajang olahraga biasa, tetapi juga menjadi wadah untuk mempererat tali persaudaraan, sebagai perwujudan dari semangat persatuan dan kesatuan dalam Keluarga Besar ASN," ujarnya.

Orang nomor satu di Kota Yogya ini juga mempersilahkan peserta di sela-Sela pertandingan agar menyempatkan menikmati berbagai obyek wisata serta menikmati kuliner khas Kota Yogya. (Han)