JSS Inovasi Terbaik Perangkat Daerah Pemkot Yogya

Umbulharjo-Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menggelar ajang Anugerah Inovasi Perangkat Daerah (AIPD) yang penjuriannya telah dilakukan pada tanggal 19-20 September 2023 lalu.

Dalam ajang tersebut dibagi menjadi 4 kategori yakni OPD terinovatif eselon II, OPD terinovatif eselon III, inovasi terbaik OPD eselon II, dan inovasi terbaik OPD eselon III.

Untuk kategori OPD terinovatif eselon II, juara pertamanya adalah Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), juara kedua diraih Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan), dan ketiga Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogya.

Kategori OPD terinovatif eselon III, juara pertama disabet Kemantren Jetis. Sementara juara kedua dan ketiga diraih Kemantren Wirobrajan dan Mergangsan.

Kategori inovasi terbaik OPD eselon II juara pertama diraih Diskominfosan dengan inovasi Jogja Smart Service (JSS), juara kedua diraih Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dengan inovasi uji kualitas air dengan LIMS, dan ketiga adalah Dindukcapil Kota Yogya dengan inovasi Jogja Konsolidasi Data (Jogja Solid).

Sementara inovasi terbaik OPD eselon III, juara pertama diraih oleh Kemantren Mergangsan dengan inovasi Kamis Jumat Parasdyo Dadosa Doa Usaha Ilmu dan Teman, juara kedua dan ketiga diraih oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat dengan inovasi Dodolan Kampung dan Kemantren Wirobrajan dengan inovasi One Stop Kavling Makam.

Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya saat berfoto dengan para juara Anugerah Inovasi Perangkat Daerah 2023

Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp5.000.000 untuk juara satu, Rp4.500.000 untuk juara dua, dan Rp4.000.000 untuk juara tiga.

Penyerahan hadiah tersebut dilakukan langsung oleh Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo dan Sekda Kota Yogya, Aman Yuriadijaya di ruang Bima, Jumat (29/9/2023).

Pada kesempatan tersebut, Penjabat Walikota Yogya, Singgih Raharjo sangat menyambut baik dan mengapresiasi ajang tersebut.  

Pihaknya berharap ajang ini dapat   mendorong dan meningkatkan kualitas inovasi pada setiap Perangkat Daerah di Kota Yogya.

"Selain itu juga mendorong metode penyelenggaraan pemerintahan yang bersifat inovatif," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogya, Agus Tri Haryono menjelaskan ajang AIPD ini bertujuan untuk menumbuhkan inovator di lingkup Pemkot Yogya.

Untuk kriteria penilainnya adalah bagaimana setiap Perangkat Daerah melakukan berbagai inovasi serta kepala Perangkat Daerah dari masing-masing instansi tersebut mampu mendorong dan mengelola inovasi. (Han)