Peringatan Kesaktian Pancasila Tumbuhkan Kecintaan NKRI

Umbulharjo - Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Yogyakarta menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di sepanjang Jalan Ipda Tut Harsono, Umbulharjo Yogyakarta pada hari Minggu (1/10). 

Upacara ini diikuti oleh puluhan ASN Pemkot Yogyakarta dan ribuan peserta Yogowes 2023. Kegiatan ini sekaligus sebagai peringatan HUT Ke-267 Kota Yogyakarta.

Upacara berlangsung tepat pukul 06.30 WIB dengan instruktur upacara Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya.

Dalam pelaksanaan upacara, para peserta kompak mengenakan seragam Korpri. Harapannya dengan peringatan Kesaktian Pancasila masyarakat akan semakin tumbuh rasa cinta kepada bangsa, Pancasila dan NKRI.

Kepala Bakesbangpol Kota Yogyakarta Budi Santosa mengatakan, di setiap kantor instansi daerah, satuan pendidikan, serta seluruh komponen masyarakat telah dihimbau untuk mengibarkan bendera merah putih sejak tanggal 30 September 2023.

Pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila berlangsung khitmat.

Pengibaran bendera ini sebagai bentuk semangat nasionalisme dan patriotisme warga Kota Yogyakarta untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur dalam Gerakan 30 September 1965 oleh PKI atau biasa disebut peristiwa G30S PKI.

Ia berharap, seluruh elemen masyarakat dapat mengimplementasikan makna dari Pancasila.

“Semoga dengan digabungkannya rangkaian kegiatan pada pagi hari ini harapannya pegawai, satuan pendidikan, serta masyarakat semakin paham dan sadar untuk mengimplementasikan Kesaktian Pancasila,”ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengungkapkan, pentingnya memaknai Hari Kesaktian Pancasila sebagai pedoman dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan yang meliputi bidang ideologi, politik, ekonomi, serta sosial budaya. 

“Saya berharap, warga Kota Yogyakarta dan seluruh pemangku kepentingan terus memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme. Sehingga ke depannya para putra putri bangsa bisa lebih maju untuk membangun Kota Yogyakarta lebih baik lagi,''jelasnya. (Hes)

Sekda Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya saat menjadi instruktur Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di sepanjang Jalan Ipda Tut Harsono, Umbulharjo, Yogyakarta pada hari Minggu (1/10).