HUT ke 36 RS Jogja, Terus Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Umbulharjo-Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo memberikan beberapa masukan untuk kemajuan pelayanan di Rumah Sakit (RS) Jogja, hal tersebut dikatannya saat hadir dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 36 RS Jogja.

Menurutnya untuk kemajuan layanan, maka RS Jogja perlu memperhatikan tiga faktor yaitu better, faster, dan cheaper. Better, lanjutnya, memiliki arti RS Jogja harus memiliki keunggulan dalam hal pelayanan dibandingkan penyedia layanan serupa lainnya. 

"Faster yakni faktor kecepatan dan efisiensi waktu layanan juga penting perlu dimiliki oleh Rumah Sakit," bebernya di aula RS Jogja, Senin (2/10/2023).

Sedangkan faktor ketiga adalah cheaper, ia meminta RS Jogja melakukan penyederhanaan alur layanan sehingga tidak berbelit dan mudah diakses oleh masyarakat.

"Dan yang tidak kalah penting lagi, Rumah Sakit juga harus memiliki tarif layanan yang terjangkau oleh masyarakat. RS Jogja harus bisa meningkatkan kualitas serta kuantitas pelayanan bagi masyarakat demi tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang tinggi," ungkapnya.

Pihaknya pun juga mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran RS Jogja atas kinerja mereka selama ini.

"Semoga RS Jogja tidak saja berguna bagi masyarakat di Kota Yogyakarta saja, tetapi juga untuk warga Provinsi DIY pada umumnya," ujarnya.

Penjabat Wali Kota Yogya, Singgih Raharjo saat memberikan hadiah utama pemenang lomba HUT ke 36 RS Jogja.

Sementara itu Direktur RS Jogja, Ariyudi Yunita mengatakan untuk memperingati HUT ke 36 RS jogja, pihaknya telah menggelar berbagai kegiatan seperti memberikan fasilitas pemeriksaan dan pembersihan telinga bagi ASN di lingkup Pemkot Yogya yang telah dilakukan pada 22 September lalu.

"Kami juga memberikan diskon 20 persen kepada pegawai Pemkot Yogya yang akan melakukan general checkup," katanya.

Kegiatan sosial lainnya adalah sunatan masal yang di gelar di RS Jogja dan berbagai perlombaan yang di ikuti oleh seluruh karyawan RS Jogja.

Ariyudi menegaskan bahwa seluruh jajaran RS Jogja selama ini berkomitmen untuk terus berbenah dan berupaya dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan demi menjawab tantangan kondisi saat ini.

Hal tersebut dibuktikan dengan diraihnya akreditasi paripurna bintang lima dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada Oktober 2022 lalu. 

"Akreditasi ini menandakan pelayanan RS Jogja telah memenuhi standar pelayanan yang telah ditetapkan oleh Kemenkes RI," tandasnya. (Han)