Keragaman Budaya Pelajar SMP 9 Yogya Sambut HUT Kota Jogja

Kotagede - Senyum kegembiraan siswa-siswi SMP Negeri 9 Yogyakarta terlihat saat mengikuti Karnaval Pelajar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-267 Kota Yogyakarta, Senin (2/10).

Dengan berbalut kebaya ataupun busana khas berbagai suku bangsa di Indonesia, seperti Ambon, Bali, Madura dan masih banyak lagi, para siswa tampil dengan gembira. 

Kegiatan yang diikuti 600 siswa ini dilepas oleh Sekda Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya. Karnaval budaya yang mengambil rute dari SMP 9 Yogyakarta rute SMP 9 Yogyakarta menyusuri Jalan Ngeksigondo menuju Jalan Gedongkuning dan para siswa berhenti di perempatan Gedongkuning untuk melakukan aksi flashmob.

Penampilan flashmob kemeriahan HUT Ke-267 Kota Yogyakarta.

Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Yogyakarta Sugiharjo mengatakan, Karnaval Pelajar Tahun 2023 mengusung tema 'Bhineka Tunggal Ika, Keberagaman Menyatukan Indonesia'.

Tema tersebut diusung untuk menguatkan tema Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang berada dalam Kurikulum Merdeka. Dimana P5 merupakan sistem pendidikan unggul dengan melibatkan unsur kebhinekaan. 
"Indonesia memiliki keberagaman budaya, suku, dan adat istiadat yang berbeda. Perbedaan bukanlah alat pemecah bangsa tetapi ragam kekayaan bangsa. Harapannya dengan karnaval ini para siswa menghargai sesama dan menjadi anak bangsa yang lebih baik lagi ke depannya,"jelasnya.

Sekda Kota Yogyakarta Aman Yuriadujaya saat memberikan sambutan pada Karnaval Pelajar SMP 9 Yogya.

Sementara itu, Sekda Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengapresiasi kreativitas dan semangat para siswa untuk ikut menyemarakkan HUT Ke-267 Kota Yogyakarta.

"Semoga dengan tema yang diambil ini, dapat menjadi pedoman para siswa bahwa walaupun berbeda suku, budaya dan adat istiadat tetapi tetap satu jiwa. Satu kesatuan Indonesia, satu kesatuan bagi Keluarga SMP Negeri 9 Yogyakarta,"ungkapnya.

Saat ditemui di sela kegiatan, Aqilla Ihsana Larasati (13) siswi Kelas 8B SMP Negeri 9 Yogyakarta mengungkapkan, sangat senang mengikuti karnaval dalam rangka HUT Ke-267 Kota Yogyakarta. 

Salah satu busana yang dikenakan siswa siswi SMP 9 Yogya pada Karnaval Pelajar 2023.

Aqila yang sering disapa ini mengenakan busana dan riasan lengkap adat Bali yang menambah kemeriahan penyelenggaraan karnaval pelajar tersebut.
Ia berharap, kegiatan ini terus diselenggarakan sebagai bentuk rasa syukur dan kebahagiaan menjadi warga Kota Yogyakarta.
"Sangat senang mengikuti karnaval di tahun ini. Harapannya Kota Yogyakarta akan semakin maju, berbudaya dan banyak menghadirkan pelajar-pelajar berprestasi ke depannya,"ujarnya. (Hes)