Sambut HUT ke-267 Kota Yogya, Pemkot Hadirkan Berbagai Acara Menarik

Gondokusuman-Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo menghadiri rangkaian acara Malioboro Coffee Night 2023 yang digelar di halaman depan Dinas Pariwisata (Dinpar) Kota Yogya, Selasa Malam (3/10/2023).

Sebagai informasi acara tersebut telah dimulai pada tanggal 1 Oktober 2023 lalu dan berlangsung selama 6 hari di lima titik yakni Kawasan Pedestrian Malioboro, Plaza Malioboro, Creative Hub Fisipol UGM, Pedestrian Kotabaru, dan Menara Kopi Malioboro.

Selain menghadirkan stand dari Komunitas Kopi Nusantara, acara tersebut  juga diisi oleh talk show dengan Penjabat Wali Kota Yogya yang menjadi narasumber utama.

Dalam talk show tersebut Singgih mengatakan dalam memeriahkan HUT ke-267 Kota Yogya, Pemkot Yogya telah menggelar berbagai acara yang menarik.

"Dimulai pada 1 Oktober dengan acara Yogowes. Acara bersepeda santai ini diikuti oleh 8000 peserta dan pada malamnya di gelar Wiwitan di Balaikota

sebagai wujud doa dan penanda awal rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-267 Kota Yogya," jelasnya.

Lalu pada tanggal 2 Oktober 2023 sekaligus bertepatan dengan hari batik nasional, Pemkot Yogya menggelar pameran batik di PDIN.

"Pada tanggal yang sama pula kami juga menggelar karnaval budaya pelajar, karnaval ini mulai tanggal 2 hingga 5 Oktober 2023," bebernya.

Acara selanjutnya adalah Sekar Rinonce yang digelar di Teras Malioboro 2 dan Pasar Beringharjo pada tanggal 3 Oktober  2023.

"Kemudian 4 Oktober digelar Wayang Sawega di Malioboro yang menghadirkan  100 dalang cilik, penari, dan pengrawit," jelasnya.

Selaniutnya pada 5 Oktober digelar Sekati Ing Mall. Acara ini adalah pameran produk  dari para pelaku UMKM di Kota Yogya yang digelar di Plaza Malioboro. 

"Pada hari berikutnya kami menggelar Festival Angkringan dengan 50 stand angkringan yang bertempat di Plaza Ngasem," ungkapnya.

Untuk puncak acara rangkaian HUT ke 267 Kota Yogya adalah Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) yang mengangkat tema Pandawa Mahabisekha.

"Agenda ini merupakan yang kedelapan kalinya dan menjadi sajian utama di HUT Kota Yogya dengan parade seni budaya di sepanjang kawasan Tugu Jogja," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut merayakan peringatan HUT ke-267 Kota Yogya bersama-sama. (Han)