500 Pekerja Informal di Mantrijeron Dapatkan Program BPJS Ketenagakerjaan

Mantrijeron-Semangat gandeng gendong terus digencarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta guna meningkatkan kesejahteraan warganya. Salah satunya dengan menggandeng The Alana Hotel Malioboro dengan mendaftarkan 500 pekerja informal atau bukan penerima upah (BPU) yang berada di wilayah tersebut untuk mendapatkan jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan.

Penjabat Wali Kota Yogya sangat menyambut baik langkah tersebut sebagai upaya perluasan kepesertaan sehingga semakin banyak pekerja informal yang dapat memperoleh kemanfaatannya. 

"Pemkot Yogya mendukung sepenuhnya upaya untuk meningkatkan perlindungan bagi masyarakat khususnya bagi para para pekerja," ungakpnya.

Menurutnya bantuan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan ini sangat bermanfaat untuk memberikan rasa aman dan nyaman pekerja informal.

"Bagi pekerja, perlindungan ini meningkatkan rasa aman saat bekerja. Bagi keluarga pekerja, juga memberikan kepastian keberlangsungan ekonomi apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," jelasnya.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo saat berfoto bersama para penerima bantuan di Kemantren Mantrijeron

Sementara itu Cha Regional GM Area Central Archipelago, Yohanes Sulistiyono Hadi mengatakan adapun jaminan yang diperoleh para pekerja informal dari BPJS Ketenagakerjaan yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

“Manfaat perlindungan ini berguna sebagai proteksi bagi peserta saat sedang mencari nafkah dan perlindungan berupa santunan jika peserta tutup usia," jelasnya di Pendopo Asmorodhono Kemantren Mantrijeron, Rabu (4/10/2023).

Selain itu, tambahnya, adanya program tersebut juga untuk mengedukasi tetang urgensi perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh pekerja informal.

"Ini juga merupakan bentuk dukungan kami untuk Pemkot Yogya pada prorgam gandeng gendong serta program nasional Sejahterakan Pekerja Sekitar Anda (Sertakan)," ungkapnya.

Pihaknya menegaskan akan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Yogya melalui program tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan (TSLP) yang dimiliki The Alana Malioboro Hotel.

"The Alana Malioboro sendiri secara konsisten setiap bulannya melaksanakan program TSLP untuk membantu masyarakat, komunitas maupun yayasan/Panti yang membutuhkan bantuan," tandasnya. (Han)