MPP Kota Yogya Siap Optimalkan Pelayanan dan Pengembangan Investasi

Umbulharjo - Genap satu tahun Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Yogyakarta yang diresmikan pada 6 Oktober 2022 oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, hadir memberikan 98 pelayanan perizinan dan non perizinan kepada masyarakat, serta 95 pelayanan lembaga vertikal.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Yogyakarta Budi Santosa mengatakan, di ulang tahun MPP yang pertama harapannya bisa menciptakan lompatan ke depan dalam memberikan layanan prima dan yang lebih baik lagi kepada masyarakat.

"Terima kasih kepada 31 tenant yang telah bergabung satu tahun ini, juga kepada masyarakat yang telah mempercayakan MPP dalam mengakses berbagai layanan, tentu ini menjadi satu momen berharga bagi kami untuk bisa mengevaluasi apa yang perlu dibenahi dan ditingkatkan, supaya layanan di MPP dapat semakin mudah diakses dan dapat memfasilitasi berbagai kebutuhan layanan masyarakat," ujarnya pada Seremonial Ulang Tahun MPP ke-1 pada Jumat (6/10). 

Pihaknya juga mengatakan, MPP hadir dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mengintegrasikan berbagai layanan meliputi instansi pusat, instansi daerah, BUMN, BUMD, Swasta, dan layanan pendukung lainnya dalam satu gedung agar tercipta kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan serta kenyamanan bagi masyarakat saat mengakses layanan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Yogyakarta Budi Santosa.

Memasuki ulang tahun Mal Pelayanan Publik yang pertama, dikatakan Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya, menjadi momentum penting melihat ke masa lalu mengevaluasi perihal apa saja yang harus diperbaiki, untuk memastikan masa sekarang dan merencanakan masa depan.

"Membangun dan merencanakan sesuatu harus dilakukan dengan evaluasi, untuk itu sudah menjadi suatu keharusan kita bersama untuk berbenah dan menyusun rencana apa saja yang akan dilakukan, terutama kaitannya dengan bagimana agar MPP bisa mengaktualisasikan diri untuk terus bertumbuh dan berkembang, dengan menciptakan iklim kinerja yang optimal," jelasnya.

Menurutnya di ulang tahun yang pertama bagi MPP, bisa dikatakan masih dalam masa pertumbuhan, yang kemudian tidak hanya bicara soal teknis saja tapi bagaimana MPP mampu memberikan kontribusi konkret kepada Pemkot Yogyakarta, perihal pengembangan investasi dan pelayanan Kota Yogyakarta.

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya.

Salah satu petugas tenant MPP Yutfiana Santoso dari BPJS Ketenagakerjaan mengungkapkan, baru tiga bulan pihaknya membuka layanan di MPP, dan respon masyarakat sangat baik karena bisa memberi pilihan kepada masyarakat untuk mengakses layanan tidak hanya di kantor perwakilan DIY saja. 

"Sejauh ini masyarakat antusias ya dan merasa terbantu dengan adanya MPP ini, harapannya ke depan semakin banyak tenant yang hadir untuk ikut membantu memudahkan dan mendekatkan layanan kepada masyarakat di Kota Yogyakarta," ungkapnya. 

Sementara itu salah satu pengunjung MPP yang mengakses layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Surini Rohani menyampaikan, layanannya yang ada di MPP sudah terorganisir dengan baik dan petugasnya juga ramah.

“Waktu saya datang itu disambut baik oleh salah satu pegawai yang bertugas, kebetulan saya mau ngurus soal kehilangan KTP, kemudian ditanya kepeluannya apa dan diarahkan harus kemana, semoga layanannya semakin baik dan makin cepat," sampainya. (Jul)

Layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di MPP.